Dialog Interaktif RRI dengan Kapolres Tolitoli dan Tokoh Bahas Berantas Narkoba

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulteng, Tolitoli. Bertempat di Rumah Adat Balre Masigi Kelurahan Nalu, Tolitoli, LPP RRI menyelenggarakan Dialog Interaktif yang disiarkan secara langsung, Sabtu, (24/2/2018).

Kapolres Tolitoli, AKBP M. Iqbal Alqudusy SH SIK menjadi salah satu narasumber dengan materi Narkoba, Revolusi Mental, dan Tobat Nasional.

IMG-20180224-WA0009

Kegiatan tersebut dihadiri oleh para pelajar SMP dan SMA/SMK.

Dalam materinya, Kapolres menjelaskan bahwa di tahun 2017, Polres Tolitoli menangani sebanyak 39 kasus narkoba dengan barang bukti 5934,575 gram sabu dan 9700 pil ekstasi, sedangkan di awal tahun 2018, sebanyak 48 kasus dengan barang bukti 515,95 gram sabu.

Selain itu, Kapolres Tolitolo juga menjelaskan mengenai Jenis narkoba, ciri – ciri orang yang terindikasi narkoba, faktor penyebab berhentinya pecandu narkoba, dan langkah Polres Tolitoli dalam memberantas peredaran narkoba di Tolitoli.

Dalam hal pencegahan, Polres Tolitoli selalu melakukan sosialisasi mengenai dampak buruk penyalahgunaan narkoba, dan pemberantasan narkoba menjadi prioritas utama, pemeriksaan orang dan barang yang masuk ke Tolitoli juga tak luput dari pemeriksaan, baik melalui darat, laut, dan udara.

Dan untuk para bandar, pengedar, dan pengguna, Polres Tolitoli tidak segan – segan untuo melakukan tindakan tegas berapa pun jumlah barang buktinya.

Materi lain, Revolusi Mental dan Tobat Nasional, tujuannya sendiri adalah memberikan perubahan dari cara berfikir atau kerja masyarakat yang masih pesimis menjadi optimis agar mampu bersaing.

Revolusi mental itu sendiri dimulai dari diri sendiri, yang akan membuat masyarakat Indonesia siap dalam menghadapi dan menangani masalah – masalah akibat persaingan global.

Dengan kata lain, revolusi mental adalah semacam pertobatan nasional di segala bidang, sadar atau tidak, setuju atau bertolak belakang, revolusi mental sangat diperlukan dalam memenuhi keterpurukan bangsa, tentu tidak semerta – merta langsung kelihatan hasilnya.

Penulis : Hernawan
Editor   : Alfian
Pubish : Hernawan

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password