Program Seribu Koin Sehari, Polsek Tempe Berikan Bantuan Sembako kepada Empat Warga Miskin

IMG-20180223-WA0180-660x330

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Kepolisian Sektor Tempe Resort Wajo terus bergerak melakukan aksi sosial untuk membantu masyarakat kurang mampu.

Kali ini, mereka menyalurkan bantuan barang dan sembako kepada 4 orang warga di Kecamatan Tempe Kabupaten Wajo.

Bantuan diserahkan langsung oleh Kapolsek Tempe IPTU Syaifullah Syam bersama anggota polsek dan Ibu Ketua Bhayangkari Ranting Tempe bersama pengurus kepada para penerima bantuan, Jumat (23/02/18).

Menurut IPTU Syaifullah Syam, bantuan diberikan kepada beberapa orang warganya karena tergolong kurang mampu, apalagi beberapa diantaranya pernah mengalami musibah kebakaran rumah.

“Alhamdulillah bantuan kita telah salurkan, semoga bermanfaat bagi penerima bantuan,” imbuhnya.

Ia menjelaskan, bantuan tersebut merupakan bagian dari program Gerakan Sehari satu koin Seribu oleh anggota polsek tempe Polres wajo.

Dimana tiap hari para personel Polsek tempe, menyumbang uang minimal Rp 1.000 ke dalam celengan yang memang telah disiapkan.

“Ini adalah bantuan rutin tiap bulan kepada warga, dan akan ada bantuan selanjutnya lagi ke warga miskin lain. Jadi kalau uang Rp 1.000 yang dikumpulkan dirasa cukup kita beli sesuatu yang bermanfaat bagi warga miskin,” tambahnya. (humas res wajo)

Program seribu koin sehari Polsek Tempe merupakan program kemanusiaan adalah sebuah bentuk empati Polri kepada masyarakat, hal ini sekaligus membuktikan keimanan seorang muslim, dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ’anhuma, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Barangsiapa membantu kebutuhan saudaranya, maka Allah Azza wa Jalla senantiasa akan menolongnya. Barangsiapa melapangkan kesulitan orang Muslim, maka Allah akan melapangkan baginya dari salah satu kesempitan di hari Kiamat dan barangsiapa menutupi (aib) orang Muslim, maka Allâh menutupi (aib)nya pada hari Kiamat.” (HR. Bukhari, Muslim, Ahmad, Abu Dawud, at-Tirmidzi, dan Ibnu Hibban)

Sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam (yang maknanya), “Barangsiapa yang melapangkan satu kesusahan dunia dari seorang mukmin, maka Allah melapangkan darinya satu kesusahan di hari Kiamat.”

Karena balasan itu sesuai dengan jenis perbuatan. Hadits-hadits tentang masalah ini banyak sekali, misalnya sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam,

“Sesungguhnya Allah menyayangi hamba-hamba-Nya yang penyayang” (HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud dan lainnya dari Usamah bin Zaid Radhiyallahu anhu).

Seorang Muslim hendaknya berupaya untuk membantu Muslim lainnya. Membantu bisa dengan ilmu, harta, bimbingan, nasehat, saran yang baik, dengan tenaga dan lainnya.

Seorang Muslim hendaknya berupaya menghilangkan kesulitan atau penderitaan Muslim lainnya. Bila seorang Muslim membantu Muslim lainnya dengan ikhlas, maka Allah Azza wa Jalla akan memberikan balasan terbaik yaitu dilepaskan dari kesulitan terbesar dan terberat yaitu kesulitan pada hari Kiamat.

Oleh karena itu, seorang Muslim mestinya tidak bosan membantu sesama Muslim. Semoga Allah Azza wa Jalla akan menghilangkan kesulitan kita pada hari Kiamat.

Penulis : Sumarwan

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password