Melalui Kesenian Wayang , Polres Klaten Mendekatkan Diri dengan Masyarakat

Tribratanews.polri.go.id – Klaten, Kepolisian Resor Klaten memiliki salah satu terobosan kreatif melalui kesenian jawa, yakni wayang kulit. Uniknya, yang menjadi dalang adalah anggota Polres Klaten itu sendiri.

“Dalangnya Iptu Tri Harni Sugondo yang merupakan Kanit Sat Binmas Polres Klaten,” sebut Kasubag Humas Polres Klaten AKP Siti Aminah.

Pementasan dalam rangka penyuluhan kamtibmas biasanya mengambil lakon ‘Hasto Brata’ yang artinya wejangan. Selain memberikan hiburan dan melestarikan kesenian, tujuannya pagelaran wayang untuk menyampaikan pesan terwujudnya keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang kondusif di Kabupaten Klaten.

Sementara itu, Kapolres Klaten AKBP M. Darwis menyampaikan, keluarga besar Polres Klaten ingin membaur dengan masyarakat serta menjalin silahturahmi dengan mengangkat keluhuran budaya Indonesia.

“Melalui pementasan ini kami ingin mengingatkan masyarakat arti pentingnya persatuan dan kesatuan, kemudian bersama-sama melestarikan nilai-nilai tradisional budaya wayang kulit yang memiliki nilai adat dan norma sosial yang mungkin mulai tergerus oleh perkembangan zaman, ” ujar AKBP Darwis.

Sebagai Kasat Binmas dan juga Dalang, maka Iptu Tri Harni mengkombinasikannya menjadi sebuah terobosan kreatif Polri berupa Wayang Kamtibmas sebagai wujud pelayanan serta tugas Polri memberikan himbauan keamanan, memelihara budaya serta mendekatkan diri terhadap masyarakat.

Kontributor : Erq
Editor : kang iqbal

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password