Dit Reskrimsus Polda Bali Berhasil Menangkap Sopir GRAB yang Melakukan Penipuan

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali – Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Bali melaksanakan konferensi pers tindak pidana kecurangan dengan menggunakan aplikasi atau Progam sejenis fake GPS (GPS Palsu) yang sudah diinstal di HP para pelaku dengan tujuan untuk melakukan routing map atau memanipulasi rute perjalanan. Kegiatan Konferensi pers disampaikan oleh Dir Reskrimsus Polda Bali Kombes Pol. Anom Wibowo, S.I.K., M.Si didampingi Kasubbid Penmas Bid Humas Polda Bali AKBP Ni Made Ayu Kusumadewi, S.H. bertempat di ruang rapat Dit Reskrimsus Polda Bali. Jumat, 23/3.

WhatsApp Image 2018-02-23 at 13.49.14Tindak pidana ini berhasil diungkap oleh jajaran Dit Reskrimsus Polda Bali berawal dari laporan Iwan Restu Ary selaku perwakilan dari PT. Solusi Transportasi Indonesia (GRAB). Bahwa perusahaan mendeteksi melalui sistem aplikasi GRAB ada beberapa mitranya (Supir GRAB) telah melakukan penyelewengan terhadap rute yang telah ditetapkan oleh perusahaan atau sistem aplikasi GRAB.

Dari laporan tersebut Team Cyber Crime bersama dengan Team Cyber Troops Dit Reskrimsus Polda Bali  langsung melakukan penyelidikan, dari hasil penyelidikan Team opsnal dari Dit Reskrimsus Polda Bali berhasil menangkap para pelaku yang berjumlah lima orang diantaranya.

Hendrik Cahyono, Agung Narayana Suryanegara, I Putu Wirawan, Andi Supandi, Ari Rianto. Dari pengakuan tersangka selama menjalankan aksinya mereka mendapat keuntungan/bonus dari GRAB mencapai ratusan ribu rupiah perharinya.

Modus operandi pelaku melakukan pengalihan rute dengan menggunakan aplikasi sejenis fake GPS (Bluetooth) dan aplikasi pendukung (Zuper, Magisk, Xposed Installer, Disable service, root explorer, Imei Changer)   selain Aplikasi GRAB.

Dengan maksud untuk mencurangi sistem aplikasi GRAB yang resmi, sehingga para pelaku memperoleh penumpang dengan terlihat seolah-olah memperoleh penumpang untuk memenuhi target yang telah ditetapkan oleh pihak perusahaan, setelah mencapai target yang ditentukan pihak perusahaan akan memberikan bonus.

Atas kejahatan yang dilakukan oleh pelaku PT. Solusi Transportasi Indonesia (GRAB) mengalami kerugian mencapai ratusan juta rupiah, barang bukti yang berhasil diamankan lima kendaraan roda empat dan sepuluh buah Hp.

Dir Reskrimsus Polda Bali Kombes Pol. Anom Wibowo dalam kegiatan konferensi pers tersebut menyampaikan. ”Jajarannya akan terus melakukan pengejaran dan penangkapan terhadap sopir GRAB yang melakukan kecurangan dengan menggunakan aplikasi atau Progam sejenis fake GPS (GPS Palsu).” Tegasnya.

Penulis  :Agra Diatmika

Editor    : Swanjaya

Publish  : I Putu Suwardhana.M

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password