Tingkatkan Kemampuan Personel di Bidang Humas, Polda Sulsel Gelar Pelatihan Jurnalistik

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Bidang Hubungan Masyarakat (Bid Humas) Polda Sulsel menggelar pelatihan jurnalistik di Hotel Harper Makassar, Jumat (23/02/18). Pelatihan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan personel di bidang jurnalistik.

Kasubbid PID Akbp Sabrin yang mewakili Kapolda Sulsel Irjen Pol Umar Septono secara resmi membuka pelatihan. Dalam sambutannya ia mengungkapkan tujuan dari penyelenggaraan acara ini sejalan dengan arus reformasi wajah Pers Indonesia saat ini yang telah mengalami perubahan drastis mulai dari sisi kebebasan berekspresi Insan pers yang makin kritis, jumlah media yang semakin meningkat drastis dan fungsi Kontrol media massa telah dijamin pemerintah.

Konsekuensinya, kata Sabrin, tidak menutup kemungkinan siapapun baik sebagai perorangan institusi maupun organisasi dan lainnya akan menjadi sasaran pemberitaan media karena keterlibatan dalam suatu kasus sehingga terbentuk persepsi negatif masyarakat terhadap pihak-pihak tersebut.

Disisi lain banyak pula pihak-pihak yang diuntungkan dengan berbagai pemberitaan positif dari media massa sehingga pihak tersebut menjadi populer dikenal sebagai tokoh yang Simpati dalam waktu yang instan.

Industri pers yang berorientasi bisnis memformat fakta menjadi berita yang layak untuk dijual kepada publik yang tujuannya untuk meningkatkan trust atau oplah demi kelanjutan dari pada perusahaan pers untuk itu, kecenderungan pembuatan mengeksploitasi fakta-fakta yang menjadi perhatian publik dan diramu dengan berbagai sudut pandang.

Selain itu juga mengundang berbagai komentar baik narasumber yang kompeten maupun yang tidak kompeten yang mengakibatkan berita menjadi liar dan mengundang berbagai interpretasi tergantung latar belakang yang membacanya kalau tidak diimbangi dengan informasi yang positif dan akurat informasi tersebut akan menjadi bias dan membentuk opini kepada public media yang tumbuh pada posisi pengelolaan pemberitaan yang tidak berorientasi bisnis dan tidak memahami karakter maupun keinginan pembaca yang cenderung pada pemberitaan yang negatif akan mengalami perkembangan yang sulit untuk mempertahankan lembaga pers nya.

Saat ini peran media massa dalam penyebarluasan informasi sangat ampuh dan tak mungkin diabaikan oleh institusi apapun termasuk Polri sifat keserempakan yang menjadi ciri media massa memungkinkan public diseluruh strategi hidupan dapat mengakses dan memperhatikan suatu Pesan yang disampaikan oleh media massa karena dikonsumsi oleh massa yang heterogen mampu membentuk opini khalayak dan menimbulkan Citra pihak-pihak yang diberitakannya.

Opini yang ditimbulkan dapat bersifat positif maupun negatif Citra yang muncul atas isi pasal tersebut persepsi khalayak terhadap yang situs yang diberitakan Citra dari Open yang muncul dari pemberitaan media massa tidak bisa diabaikan begitu saja karena Upin yang terbentuk bias berbeda dengan kenyataan yang ada.

Lebih lanjut Santun mengungkapkan Sebagai wujud komitmen Polri dalam memberikan pelayanan informasi secara cepat akurat dan efisien telah dibentuk struktur humas sampai tingkat Polsek yang mana diharapkan dijabat oleh sumber daya yang mempunyai komitmen moral kompetensi kinerja maupun performance yang setiap saat dapat tampil kedepan memberi penjelasan kepada publik tentang hal ihwal berkaitan dengan Kepolisian.

Hal itu dalam rangka upaya menciptakan image Polri yang sangat dibutuhkan dalam membangun kepercayaan dan kemitraan masyarakat.

Terakhir kasubbid PID memberi pesan agar para personil yang mengikuti pelatihan untuk tidak henti-hentinya mengembangkan diri meningkatkan kemampuan terutama dalam mengimbangi kemajuan teknologi informasi jurnalistik dan kemampuan komunikasi yang baik kepada masyarakat agar Saudara dapat memberi sumbangsih berharga bagi kemajuan organisasi.

Penulis : Marwan

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password