Polisi Tangani Kasus Penganiayaan yang Diakibatkan oleh Perampasan Lahan Pendulangan

Tribratanews.polri.go.id Polres Mimika – Petugas Polsek Mimika Baru menerima pelaku penganiayaan yang menyerahkan diri setelah melakukan aksinya terhadap korban, Selasa (21/02) malam.

Kata KSPK Polsek Mimika Baru Aiptu Andi Tasir menjelaskan, bertempat di Jln. Busiri jalur 6 Timika telah terjadi tindak pidana penganiayaan yang mengakibatkan korban Helmi Teken terluka yang diakibatkan benda tajam yang dilakukan oleh pelaku A.

“Kronologis kejadian berawal ketika pelaku datang ke rumah NU (Saksi) dan mengajak untuk mencari korban sambil menceritakan bahwa pelaku mendengar isu bahwa korban mengambil lahan dulang milik pelaku di area Portsite (Cargo dock), kemudian pelaku mengajak NU untuk mencari korban,” jelas Aiptu Andi Tasir.

Lanjut KSPK, NU dan pelaku kemudian menuju gorong di rumah bos dari korban, tempat penggilingan Emas, namun bos tidak ada. Lalu NU dan pelaku menuju ke rumah korban di jalan belakang Kantor Kehutanan dan setelah sampai di rumah korban, NU dan pelaku menanyakan ke Istri korban, namun korban tidak berada di rumahnya karna korban sedang keluar ojek.

“Setelah itu NU kembali ke rumahnya dan pelaku juga kembali ke rumahnya. Sekira 30 menit kemudian pelaku kembali ke rumah NU dan sambil cerita dengan pelaku, selang 30 menit kemudian datang Korban ke rumah NU dan menanyakan ada hal NU dan pelaku mencari korban,” kata KSPK.

Lagi sambung Aiptu Andi, disitulah pelaku dan korban berkomunikasi dan terjadi cekcok mulut yang mana NU dan N (Pelapor) juga berada di tempat kejadian. Pelaku emosi dan menarik kerah baju korban dengan tangannya dan Korban melakukan perlawanan dan memukul bagian kepala depan pelaku, selanjutnya pelaku mendorong korban dan mencabut pisau dari pinggangnya dan menikam pisau tersebut ke paha sebelah kiri korban sehingga korban terjatuh.

“Saat terjatuh, pelaku menikamkan pisau tersebut ke rusuk sebelah kiri korban. Setelah beberapa menit kemudian NU melihat darah dan pelaku mengatakan mau menyerahkan diri ke pihak Kepolisian, setelah itu NU mengevakuasi Korban ke RSUD Timika,” terang KSPK.

Menanggapi hal tersebut, lanjut Aiptu Andi, Kepolisian Resor Mimika melalui Polsek Mimika Baru yang menerima laporan lalu membuat laporan polisi, membuat tanda bukti laporan, membuat VER, melakukan pemeriksaan terhadap pelapor, saksi dan tersangka.

“Perkembangan terakhir korban mau dilakukan tindakan Operasi karna terjadi pendarahan yang banyak,” ujar KSPK Polsek Mimika Baru Aiptu Andi Tasir.

Penulis: Andre Titaley

Editor: Alfian Nur

Publisher: Rei

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password