Polres Boven Digoel Gelar Pembekalan dan Latihan Pengamanan Pilkada 2018

Tribratanews.polri.go.id Boven Digoel, Tanah Merah – Polres Boven Digoel menggelar Latihan Pra Operasi Mantap Praja Matoa 2018 dalam rangka Pengamanan Pilkada Tahun 2018 di Aula Polres, Rabu (21/02/2018).

Kapolres Boven Digoel AKBP Yohanis Afri Budi S.R, SIK membuka kegiatan dan menghimbau agar dapat mengikuti kegiatan penyamapain materi dari para instruktur dengan baik. Lat Pra Ops ini digelar untuk memberikan pembekalan dan latihan terhapap para personil yang terlibat pengamanan Pilkada di Kabupaten Boven Digoel.

“Personil Polri harus Netral dan harus ikuti aturan serta SOP dalam penanganan pengamanan pilkada 2018. Personil harus paham seluruh mater dan apabila ada yang belum jelas agar ditanyakan kepada instruktur agar tidak ragu – ragu dilapangan dan bertindak sesuai aturan yang berlaku,”kata Kapolres.

Polres Boven Digoel Gelar Pembekalan dan Latihan Pengamanan Pilkada 2018

Adapun, selaku instruktur adalah sebagai berikut:

  1. Kasat Reskrim Iptu Yuli menjelaskan tentang tindak pidana pemilu dan pelanggaran pemilu sebgai gambaran personil dilapangan.
  2. Kasat Sabhara Iptu Tugiman memberikan mekanisme penangan massa bila terjadi unjuk rasa dari tahap demo damai sampai rusuh sesuai perkap yang berlaku.
  3. Kaur Intelkam Aiptu Dwi Agung Dwi Supriono memberikan materi terkusus untuk para personil di polsek tentang deteksi sedini mungkin tentang informasi yang berkembang pada saat pilkada.
  4. Kaur Lantas Aiptu I Nengah Sukayadnya memberikan materi tata cara pengawalan kampanye dan dilanjutkan materi oleh.
  5. Kasat Binmas tentang menciptakan opini publik di masyarakat agar tercipta kamtibmas yang kondusif.

Pada saat simulasi pengamanan TPS para peserta diberikan materi Pola pengamanan dan tindakan di TPS.

Kapolres juga memberikan penekanan pada saat pengamanan TPS agar tugas pokok keamanan harus dipahami karena setiap pelanggaran di TPS ada mekanisme Pemilu sendiri.

Selama kegiatan berlangsung dapat berjalan dengan aman tertib dan lancar.

Penulis: Vicky Rio taran

Editor: Alfian Nur

Publisher: Rei

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password