Kumpulkan Personel Bid Propam, Ini Pesan Kapolda Sulsel

IMG-20180221-WA0004

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Kapolda Sulsel Irjen Pol Umar Septono memberikan arahan kepada seluruh personel Bid Propam Polda Sulsel di Lapangan Upacara Mapolda Sulsel, Rabu (21/02/18).

Dihadapan Kabid Propam Kombes Pol Riko Sunarko, Kapolda Sulsel berpesan agar personel Propam agar lebih humanis dalam membina dan menyelenggarakan fungsi pertanggungjawaban profesi dan pengamanan internal termasuk penegakan disiplin.

“Kedepankan sifat humanis dalam setiap kasus anggota yang bermasalah,” ucapan Kapolda Umar.

Kapolda juga berpesan agar setiap personel yang terlibat masalah agar diperiksa dengan baik serta menjaga hak-haknya, “Memaafkan lebih mulia‌ serta lindungi hak-hak anggota,” pungkasnya.

Terkait kasus anggota yang belum diselesaikan, Kapolda menyampaikan agar segera mungkin dilakukan sidang, “Tuntaskan setiap kasus yang melibatkan anggota, jangan menjadi noda bagi anggota saat ingin melanjutkan karirnya,” ucapnya.

Untuk diketahui tugas Propam secara umum adalah membina dan menyelenggarakan fungsi pertanggungjawaban profesi dan pengamanan internal termasuk penegakan disiplin dan ketertiban di lingkungan Polri dan pelayanan pengaduan masyarakat tentang adanya penyimpangan tindakan anggota/ PNS Polri.

Ditilik dari struktur organisasi dan tata cara kerjanya, Propam terdiri dari 3 (tiga) bidang fungsi dalam bentuk sub-organisasi yaitu Paminal, Profesi dan Provos :

  1. Fungsi pertanggungjawaban profesi berada di bawah pertanggungjawaban Pus Bin Prof.
  2. Fungsi pengamanan di lingkungan internal organisasi Polri berada di bawah pertanggungjawaban Pus Paminal.
  3. Fungsi Provos dalam penegakan disiplin dan ketertiban di lingkungan Polri berada di bawah pertanggungjawaban Pus Provos.

Penulis : Sumarwan

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password