Tahap Kampanye Pilkada Jatim 2018 Dimulai, Perangkat Gakkumdu harus Profesional

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jatim – Polres Trenggalek – Musim Kampanye Pilkada 2018 telah dimulai. Terhitung mulai tanggal 15 Pebruari hingga 23 Juni 2018 sudah memasuki tahapan kampanye. Masing-masing kontestan bisa dipastikan mulai berlomba menaikkan elektabilitas meraih simpati warga.

Guna menciptakan kampanye yang sportif dan tetap berjalan sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan regulasi hukum yang ada, Bawaslu Kabupaten Trenggalek menggelar Rakernis pengawasan tahapan kampanye pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jatim tahun 2018, Selasa (20/02).

Hadir dalam kesempatan tersebut Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S, S.I.K., M.H., Kajari Trenggalek Umaryadi, Ketua Bawaslu Kabupaten Trenggalek Agus Trianta SH bersama dua orang komisioner lainnya, perangkat Gakkumdu antara lain dari Kepolisian, Kejaksaan dan Bawaslu Trenggalek.

Kapolres Trenggalek mengatakan setiap petugas yang tergabung dalam Gakkumdu harus memahami dan mempedomani aturan main yang tercantum dalam undang-undang dan regulasi kepemiluan. Untuk itu diperlukan sinkronisasi dan persamaan persepsi agar cara bertindak dalam penanganan pidana Pemilu khususnya pada tahap kampanye bisa berjalan dengan baik.

“Diinternal Kepolisian sendiri khususnya Polres Trenggalek, kami telah menginstruksikan untuk menjaga netralitas Polri. Dilarang keras baik langsung atau tidak langsung terlibat politik praktis apalagi dukung mendukung” ujar AKBP Didit.

AKBP Didit juga menekankan peran dan profesionalitas Gakkumdu dalam penanganan pidana Pemilu. Setiap masalah yang muncul harus dikaji secara cermat, sehingga bisa dipisahkan antara pelanggaran dan pidana Pemilu.

“Salah satu faktor sukses Pilkada tidak lepas dari profesional Gakkumdu, oleh karena itu harus solid dan kompak sehingga bisa merumuskan langkah yang paling tepat” pungkasnya.

Penulis : Ady / Polres Trenggalek Jatim
Editor : Alfian Nurnas
Publish : Handoko / Polres Trenggalek Jatim

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password