Dialog Interaktif Terkait Pilkada 2018, Ini Yang Disampaikan Kabag Ops Polresta Denpasar

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali – Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Polresta Denpasar, Kompol I Nyoman Gatra, S.H., M.H. hadir sebagai narasumber dalam program Halo Kamtibmas di Stasiun Bali TV, Jalan Kebo Iwa No.63A, Denpasar, Selasa (20/2/2018). Acara ini juga menghadirkan narasumber yaitu Pengacara sekaligus Ketua DPC PERADI Denpasar, I Nyoman Budi Adnyana, S.H., M.H., CLA.

WhatsApp Image 2018-02-20 at 17.10.20Acara yang berlangsung selama satu jam yaitu mulai dari pukul 09.00 sampai dengan 10.00 Wita ini mengambil tema “Langkah Polresta Denpasar dalam mewujudkan Kamtibmas berkaitan Pilkada serentak 2018” dan dipandu oleh Presenter Bali TV, I Made Sukadana Karang.

Dalam dialog interaktif itu, Kompol I Nyoman Gatra, S.H., M.H. mengatakan bahwa secara angka terjadi penurunan kejadian. Namun kejadian yang meningkat adalah laka lantas, disamping karena faktor cuaca ada human eror, dari data perminggu ada saja yang meninggal cukup memprihatinkan. “Upaya pihak Kepolisian belum cukup mengurangi angka kecelakaan tersebut. Saya berharap masyarakat memiliki kesadaran dan kedisplinan dalam berlalu lintas,” ungkapnya.

Selain itu, kasus narkoba dan geng motor yang bisa berubah menjadi begal juga menjadi atensi pihak Kepolisian. Mengingat Bali merupakan tujuan wisata bagi turis asing maupun lokal, sehingga keamanan menjadi prioritas utama untuk menjaga pulau Bali sebagai tujuan wisata di Dunia.

Terkait penanganan Pilkada khususnya di Denpasar, Kabag Ops Polresta Denpasar mengatakan bahwa sebanyak 1161 personel dilibatkan dalam Operasi Mantap Praja Agung 2018. Bahkan, pada tahap pemungutan suara, pihaknya akan mengerahkan lebih banyak lagi dengan pola pengamanan berbeda.

“Untuk setiap daerah tergantung situasi di wilayah tersebut. Saat ini sudah tahap kampanye, dimana masyarakat lebih was-was. Sehingga kami harapkan masyarakat cerdas dalam bersikap dalam perhelatan 5 tahunan ini. Karena kita tau saat ini kita sedang recovery dari semangat pariwisata akibat bencana erupsi Gunung Agung,” ucapnya.

“Saya rasa paslon memanfaatkan situasi untuk melaksanakan kampanye yang lebih efektif. Mereka menggunakan kesenian dan memanfaatkan media sosial sebagai alat berkampanye juga, sehingga masyarakat juga harus lebih cerdas dan bijaksana untuk mendukung pilihan mereka,” sambungnya.

Tujuan penandatanganan kesepakatan damai, Kompol I Nyoman Gatra, S.H., M.H. mengungkapkan, tentu saja harapannya adalah pesta demokrasi nanti diwarnai dengan kedamaian. Selain itu, masyarakat harus menyadari bahwa kita tetap bersaudara dan menampilkan putra terbaik Bali, sehingga pembangunan Bali akan lebih maju. “Dua pasangan calon datang dengan akur, sehingga Pilkada di Bali menjadi role mode, menjadi contoh,” terangnya.

Dijelaskannya, dalam rangka menciptakan situasi yang aman dan kondusif selama pelaksanaan Pilkada 2018, Kepolisan melakukan banyak hal. Selain menyiapkan personel dan peralatan, berdialog dan bertemu dengan tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh agama untuk bersilaturahmi sekaligus menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas juga dilakukan. “Masyarakat harus lebih cerdas dalam bersikap saat perhelatan 5 tahunan ini. Jangan sampai pengamanan yang sudah demikian banyak harus hancur dan mengorbankan banyak hal,” imbuhnya.

Sementara, terkait pembinaan dan peningkatan patroli ke wilayah rawan yang biasa dijadikan tempat untuk berkumpulnya geng motor, Kompol I Nyoman Gatra, S.H., M.H. menyampaikan bahwa area target yang menjadi prioritas Polsek Denpasar Timur dan Denpasar Barat setiap anev selalu menjadi atensi. Namun, alangkah baiknya masyarakat dapat menggunakan aplikasi Salak Bali. Dengan mengoperasikan aplikasi tersebut bisa melaporkan dimana tempat berkumpul geng motor.

Diakhir acara, Kabag Ops Polresta Denpasar menyampaikan imbauan dalam rangka menyukseskan Pilkada serentak tahun 2018 di Bali. Pihaknya meminta kepada seluruh komponen masyarakat untuk secara aktif ikut menciptakan situasi yang kondusif. Jika sudah tercipta situasi kondusif, maka Pilkada akan berjalan dengan lancar, aman dan damai. “Manfaatkan momen ini dengan menunjukan Bali yang santhi lan jagaditha,” pungkasnya.

Penulis  : Arya

Editor    : Swanjaya

Publish  : I Putu Suwardhana.M

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password