Polisi Selamatkan Hiu Paus Terdampar di Morowali

IMG-20180220-WA0021

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulteng – Polres Morowali. Minggu 18 Februari 2018. Team Espedisi penyelamatan Hiu Paus ( Whale Shark) yang dipimpin oleh Irwasda Polda Sulteng dan Kapolres Morowali selaku penanggungjawab ekspedisi Penyelamatan hiu paus tutul dan dibantu oleh team selam Pink Ladies Divers (PLD), team selam dari Ditpolair Polda Sulteng serta team selam dari Sombori Diving Club berhasil melepaskan hiu paus tutul yang terdampar di pulau Sombori Desa Mbokita Kecamatan Menui Kepulauan Kabupaten Morowali Provinsi Sulawesi Tengah.

Pink Ladies Divers yang disingkat PLD merupakan komunitas pencinta olahraga selam yang anggotanya merupakan istri anggota Polri. Bapak Kapolri sebagai Ketua Pembina PLD Jenderal. Pol. Drs. H.M. Tito Karnavian, M.A., Ph.D dan ibu Tri Tito Karniavian selaku Ketua Umum Bhayangkari adalah sebagai pelindung PLD. Sedangkan Sombori Diving club (SDC) merupakan team penyelam dari Kabupaten Morowali dibawah binaan langsung Kapolres Morowali AKBP Edward Indharmawan E.C.SIK.MH.

Mengetahui adanya Whale Shark atau hiu paus tutul yang terdampar di Pulau Sombori tersebut membuat Kapolres Morowali yang memiliki hobby menyelam tersebut bergerak untuk menyelamatkan dan membebaskan hiu paus tutul tersebut kembali ke laut lepas. Dipimpin oleh Irwasda Polda Sulteng dan team selam menuju pulau Sombori untuk menyelamatkan dan membebaskan hewan dilindungi tersebut.

Kapolres Morowali AKBP Edward Indharmawan E.C.SIK.MH selaku penanggungjawab kegiatan penyelamatan memberikan arahan serta teknis dalam penyelamatan ikan tersebut agar dapat kembali ke laut lepas dengan selamat.

Dengan menggunakan perahu kecil serta dibantu para team penyelam, ikan dengan panjang 4 mater tersebut digiring menuju laut lepas. Tidak mudah memang mengiring ikan tersebut. Namun dengan kerjasama para team dengan waktu hampir satu jam akhirnya ikan yang makanan utamanya adalah plangton tersebut akhirnya bisa digiring ke laut dengan selamat

Kami sangat bahagia berhasil melepas ikan tersebut ucap Kapolres Morowali saat diwawancarai oleh awak media. Dan menghimbau kepada seluruh nelayan apabila mendapat ikan-ikan yang dilindungi harap dilepas kembali ke laut sehingga ekosistem bawah laut dapat terjaga dengan baik.

Penulis: tim

Editor: Alfian

Publish: Aden

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password