Masa Beringas Saat Tidak Terima Dengan Hasil Keputusan KPU Mappi

Tribratanews.polri.go.id Massa yang datang sambil berorasi ditemui tim negosiator. Mereka kemudian masuk ke kantor KPU untuk berdiskusi. Namun diskusi menemui jalan buntu yang membuat massa emosi dan kehilangan kesabaran. Massa mulai melakukan pelemparan dengan air mineral.senin (19/02/2018).

Itu adalah sebuah Skenario Sispamkota yang dilakukan oleh Polres Mappi,kepolisian Resor Mappi melakukan sebuah peragaan di depan Kantor KPUD Mappi yang cukup mengagumkan dengan menseting sebuah sekenario adanya pihak-pihak yang tidak terima dengan hasil perhitungan suara yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Massa yang tak puas menyerbu KPU.

Pilkada serentak memang akan di lakukan pada tahun 2018. Tetapi Polres Mappi sudah menyiapkan diri untuk melakukan antisipasi. Melalui Pelatihan pengendalian masa sampai dengan mensimulasikannya di depan kantor KPUD Mappi.

Sebuah peragaan atau simulasi yang diawali dengan Massa yang datang sambil berorasi ditemui tim negosiator. Mereka kemudian masuk ke kantor KPU untuk berdiskusi. Namun diskusi menemui jalan buntu yang membuat massa emosi dan kehilangan kesabaran. Massa mulai melakukan pelemparan batu dan air mineral.

Anggota dalmas dengan tameng terus menghalangi massa yang justru akan berusaha membuat kerusuhan lain, yakni membakar kantor KPU. Tindakan tegas pun dilakukan. Personel dalmas Polres Mappi dibantu PHH Brimob Yon E Pelopor Mappi mendesak massa agar mundur.Personel pengurai massa (raimas) dengan motor trailnya juga berusaha membubarkan massa dengan tembakan gas air mata.  juga turut membubarkan massa. Api yang membakar ban yang disulut massa di jalanan pun dipadamkan.

“Ini merupakan pelatihan rutin kami untuk peningkatan fungsi teknis dan taktis. Ini untuk menyambut pilkada serentak 2018,” ujar Kapolres Mappi AKBP I Gusty Agung Dhana Aryawan.S.I.K,M.I.K dan merasa bangga dengan mengapresiasi seluruh personil yang terlibat simulasi dengan lancar berhasil melakukan persiapan pengamanan pilkada serentak 2018. Dan untuk selanjutnya tetap akan ada pelatihan dan simulasi lain untuk terus meningkatkan keterampilan teknis dan taktis serta mengendalikan massa awal dalam eskalasi biasa hingga eskalasi meningkat,”ungkap Kapolres Mappi.

 Kapolres juga menambahkan Pihak Kepolisian bersama TNI siap mengamankan jalannya Pilkada serentak yang di mulai dari pemetaan daerah Rawan,mempersiapkan personil sampai dengan mensimulasikan jika terjadi situasi rawan nantinya dan serta berharap mudah-mudahan di Kab. Mappi pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur bisa berjalan lancar “tambah Kapolres Mappi”.

 

Penulis : Novi

Editor   : Alfian Nur

Publish: Frengky

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password