Kapolda DIY : Jangan Telan mentah-mentah Isu-isu yang Berkembang di Media Sosial

ef46dda5-374d-468c-8939-9df419b110c2

tribratanews.polri.go.id -PoldaDIY, pada “Deklarasi Jogja Damai Menolak Kekerasan, Intoleransi, dan Radikalisme”, Rabu 14/04/2018, Kapolda DIY Brigjen Pol Drs. Ahmad Dofiri, M.Si. juga memberikan tanggapan dan jawaban atas pertanyaan dari Ormas yang hadiri.

Menurut Kapolda, kejadian di Gereja St. Lidwina mencoreng toleransi antar umat beragama di Yogyakarta. Lebih lanjut Kapolda menjelaskan bahwa pelaku penyerangan di Gereja St. Lidwina terobsesi setelah melihat tayangan berbau radikalisme di internet.

Di sisi lain, Kapolda juga menyarankan agar ada pengamanan internal di gereja. Perlu untuk diperketat baik pengawasan maupun pengamanan dari pihak gereja sendiri.

“Pihak gereja juga lebih bagus jika ada pengamanan internal, ada yang mengawasi dari luar atau pun dalam gereja, karena selain pengawasan dan pengamanan dari pihak kepolisian, penjagaan internal gereja dipandang sangat penting,” tuturnya.

Terkait dengan tayangan dan informasi di media sosial dan internet, Kapolda berpesan agar tidak mudah percaya.

“Jangan menelan mentah – mentah isu – isu di medsos ataupun malah hanyut dengan berita yang tidak jelas sumbernya , apalagi ikut ikutan dengan berita hoaks di media sosial yang justru itu malah meruncingkan suatu masalah”, tambah Kapolda.

Menyinggung peran Kepolisian, Kapolda menyampaikan bahwa Kepolisian bertindak berdasarkan aturan hukum. Sehingga, dalam situasi tertentu akan bertindak sangat tegas. Tetapi, ada hal di tengah masyarakat yang tidak dapat ditangani oleh Polisi sendiri.

“Penyelesaian permasalahan di masyarakat tidak semua dapat ditangani oleh polisi, ke depan akan di kedepankan FKUB Forum Komunikasi Umat Beragam,” jelas Kapolda.

“Kita berikan kesempatan unsur tekait bisa menyelesaikan perselihan yang mungkin terjadi, Insya Allah masyarakat Jogja sangat toleran dan menerima keberagaman, karena dari situlah masyarakat akan lebih kuat,”, pungkas Kapolda.

penulis : Riyo
editor : Alfian
publish : Jay

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password