Bangun Budaya Gotong Royong, Bapolmas bersama Babinsa dan Warga Kerja Bakti Membuat Pondok

Artikel, Bangun Budaya Gotong Royong, Bapolmas bersama Babinsa dan Warga Kerja Bakti Membuat Pondok

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Sebagai wujud kebersamaan dan cinta akan kebersihan lingkungan, Anggota Polsek Bungaya Bripka Hasrianto yang ditugaskan sebagi Ba Polmas Desa Ranaloe bersama Babinsa dan Perangkat Desa melaksanakan kerja bakti di tempat Wisata Tang’kal Ranaloe Kec Bungaya Kab Gowa yang letaknya kurang lebih 10 km dari Kecamatan Bungaya, Selasa (13/02/18).

Dengan semangat yang tinggi, Bripka Hasrianto bersama babinsa berbaur bersama warga melakukan kerja bakti Anggota Polsek bungaya tersebut terlihat membantu masyarakat dalam membuat pondok pondokan dari bambu untuk diperuntukan kepada warga masyayarakat yang akan mengunjungi wisata tersebut, agar merasa aman dan nyaman untuk menikmati suasana panorama alam Desa Ranaloe.

Pada kesempatan itu juga Bripka Hasrianto memperkenalkan dirinya sebagai Bapolmas (Polisi Masyarakat) yang mulai bertugas di desa Ranaloe, disamping itu iapun memberikan pesan pesan kamtibmas kepada masyarakat Desa Ranaloe, mengajak untuk menciptakan kekompakan antara sesama warga, jalin silatuhrahmi untuk menciptakan suasan yang harmonis dan mengajak masyarakat untuk bersinergi dengan instansi pemerintah guna memwujudkan situasi yang aman dan kondusif.”ucapnya.

Disesi lain Bripka Hasrianto mengajak seluruh elemen masyarakat Desa ranaloe untuk menjaga dan merawat keasrian wisata tersebut, guna menarik perhatian masyarakat yang akan berkunjung di wisata tersebut.

“Keikutsertaan Bapolmas dalam kerja bakti itu adalah wujud kedekatan dan kehadiran Polisi ditengah – tengah masyarakat dimana Polisi merupakan pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat”, terang Kapolsek.

Kapolsek menambahkan suasana kerjasama dalam bergotong royong antara Polri, TNI dan masyarakat tersebut untuk menjalin kemitraan dan kekompakan yang bertujuan untuk memwujudkan situasi yang aman dan kondusif . Bila masyarakat dengan instansi sudah bersinergi situasi akan baik,dan kegiatan ini merupakan langkah positif dalam menekan bahaya gangguan kamtibmas.

Selain menjalin rasa gotong royong antar aparat dan masyarakat, kegiatan seperti ini juga menjadi salah satu cara mendekatkan diri dengan masyarakat, seringnya bersama-sama dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan, baik kerja bakti maupun pertemuan-pertemuan desa serta acara adat istiadat.

Kegiatan kerja bakti ini juga untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan karena merupakan bentuk ibadah, dan selain itu dengan kerja bakti juga untuk memupuk rasa kebersamaan dan silaturahmi antar warga sehingga terbina kerukunan dan rasa toleransi antar warga.

Dengan suasana gotong royong ini diharapkan dapat tercipta kemitraan antara aparat TNI-Polri khususnya dengan masyarakat, karena kemitraan dengan masyarakat merupakan langkah positif dalam menekan bahaya gangguan kamtibmas.

Kerja bakti dimaksudkan juga untuk bertemunya antar warga karena kesibukan sehari-hari, dalam kerja bakti ini kita dapat menikmati susana sambil bersenda gurau yang dapat menimbulkan kegembiraan dan keakraban antar warga.

Dalam kerja bakti para pejabat RT ataupun pemerintahan dapat memberikan semangat dan pengarahan dalam masalah kebersihan, sampah dan kebijakan pemerintahan. Hanya dibutuhkan kemauan/niat dari para pejabat pemrintah setempat untuk turun kelapangan.

Kerja bakti merupakan kegiatan yang tidak mengharapkan imbalan uang, dilakukan secara sukarela, hasilnya dapat dinikmati bersama-sama, dalam situasi sekarang ini memang sulit dilakukan karena kesibukan dan rasa egoisme dari pribadi.

Kerja bakti merupakan sarana kebersamaan antar warga guna membantu tercapainya kenyamanan desa dengan melakukan pembangunan-pembangunan yang bermanfaat bagi desa bersangkutan.

Karena semua warga terutama pria berkumpul sedangkan ibu-ibu menyiapkan makan dan minum ala kadarnya, menjadikan rasa saling gotong royong dalam kerja bakti tersebut akan menciptakan kerukunan yang mungkin sulit dicapai pada kesempatan lain. Inilah momentum untuk membangun kerukunan antar warga.

Selain menumbuhkan rasa gotong royong, kerja bakti dengan tujuan menjaga kebersihan lingkungan memiliki beberapa manfaat, antara lain:
1. Terhindar dari penyakit yang disebabkan lingkungan yang tidak sehat.
2. Lingkungan menjadi lebih sejuk.
3. Bebas dari polusi udara.
4. Air menjadi lebih bersih dan aman untuk di minum.
5. Lebih tenang dalam menjalankan aktifitas sehari hari.

Penulis : Yoan

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password