BNP2TKI Sosialiasikan Penempatan dan Perlindungan TKI bagi Warga Lembeh Selatan Bitung

minut - sosialisasi di lembeh

Tribratanews.polri.go.id, Polda Sulut – Kapolsek Lembeh Selatan Iptu R.J Lumandung, SH menghadiri kegiatan Sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia ke Luar Negeri, bertempat di Pendopo Kecamatan Lembeh Selatan, Selasa (13/2/2018).

Kegiatan sosialisasi tersebut dilaksanakan oleh BNP2TKI Propinsi Sulawesi Utara dan diikuti oleh Lurah, Kepala lingkungan dan Ketua RT serta LSM se-Kecamatan Lembeh Selatan yang dipimpin oleh Hard Marentek, S.Sos selaku Ketua BNP2TKI Propinsi Sulawesi Utara sekaligus pemberi materi.

Dijelasknnya, BNP2TKI bertanggung jawab langsung kepada Presiden karena itu Negara hadir ditengah-tengah masyarakat untuk memberikan penjelasan sekaligus pengetahuan kepada masyarakat yang akan bekerja di luar negeri.

Hal tersebut katanya telah diatur dalam Undang-Undang No.38 Tahun 2004 tentang Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri dan Undang-Undang No.18 Tahun 2017 tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di luar negeri serta Pertaturan Kepala BNP2TKI No.01/KA/BNP2TKI/III/2007 tentang Organisasi dan Tata kerja BNP2TKI yang sebagian telah diubah dengan peraturan Kepala BNP2TKI No. PER.10/KA/IV/2012.

“Saya imbau masyarakat agar berhati-hati jangan sampai termakan bujuk rayuan oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang menjadi sponsor pengiriman TKI keluar negeri,” tegasnya.

Menurutnya Pemerintah telah memberikan peluang kepada masyarakat yang ingin bekerja di luar negeri agar gunakan jalur resmi yang sudah ditunjuk oleh pemerintah yaitu BNP2TKI. “Karena melalui BNP2TKI, masyarakat akan diberikan pelatihan dan pengetahuan dan selama bekerja diluar negeri akan tetap dimonitor pekembangannya,” tandasnya.

Penulis: Humas Polres Bitung
Editor: Alfian
Publish: Supri

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password