Siap Sukseskan Pilkada dan Pemilu 2019, Polda Sulbar Bentuk Satuan Tripatra

IMG_0684

tribratanews.polri.go.id – Polda Sulbar, Sebagai wujud keseriusan dalam menyukseskan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 dan pemilu 2019.

Kepolisian Daerah Sulawesi Barat dan Korem 142 Tatag bersinergi membentuk satuan khusus Tripatra melalui upacara pembentukan satuan tugas tripatra polda sulawesi barat dalam rangka pilkada serentak 2018 dan pemilu 2019, Rabu (14/2/18) di Lapangan Apel Mapolda, Jl. Ahmad Kirang Mamuju.

Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Kapolda Sulbar Brigjen Pol. Drs. Baharudin Djafar, M.Si bersama Danrem 142 Tatag Kolonel Inf. Taufiq Shobri dan dihadiri oleh para pejabat utama Polda Sulbar dan seluruh personil gabungan TNI Polri.

Kapolda Sulbar dalam arahannya mengatakan Satuan Tripatra merupakan satuan yang terbentuk sebagai implementasi sinergitas Polri dan TNI, selaku alat negara yang memiliki peran penting dalam menjaga kondisi kamtibmas khususnya saat pesta demokrasi dilaksanakan dengan harapan dapat berjalan dengan tertib dan aman.

Tripatra yang berarti tiga kekuatan pamungkas penegak keamanan yang terdiri dari fungsi Sabhara, Brimob dan TNI bertugas untuk melakukan tindakan kepolisian terhadap setiap gangguan nyata berupa tindakan agresif, maupun tindakan yang bersifat segera pada setiap tahapan Pilkada dan Pemilu baik itu legislatif dan Pilpres tahun 2019.

Selain itu, Satuan Tripatra juga berfungsi sebagai power on hand kasatwil dalam menghadapi setiap gangguan nyata selama berlangsungnya pilkada serentak tahun 2018 maupun pemilu 2019.

Dengan terbentuknya Satuan ini, diharapkan agar tugas yang diemban dapat dilaksanakan dengan sebaik- baiknya dan jangan ragu dalam bertindak. Pedomani aturan-aturan yang ada dalam pelaksanaan tugas demi terpeliharanya stabilitas kamtibmas di Wilayah Polda Sulbar, Tutur Kapolda.

Usai upacara, Kapolda Sulbar bersama Danrem dan Pejabat utama polda sulbar secara resmi melepas satuan Tripatra dalam mengontrol dan mengamankan seluruh rangkaian Pilkada 2018 dan Pemilu 2019.

Dari keterangan Karo Ops melalui Kabid Humas AKBP Hj. Mashura, M personil yang dilibatkan pada Pesta demokrasi mendatang sebanyak 1024 personil gabungan TNI-POLRI dari 2/3 yang dilbatkan adalah TNI sebanyak 683.

Penulis : Dhyman

Editor   : Alfian

Publish : Andi Srirahayunita

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password