Tinggal Ditenda Berukuran 2X4, Ibu Saripa Terharu Didatangi Kapolres Sinjai

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Meski disibukkan dengan tugas – tugas di Kantor, Kapolres Sinjai Akbp Ardiansyah, S. Ik., M.H. bersama istri Ny. Risa Ardiansyah yang juga Ketua Bhayangkari Cab. Sinjai tetap menunjukkan nilai kemanusiaan dengan mengunjungi warga kurang mampu, pagi tadi (13/02/18).

Kali ini Kapolres bersama istri dan rombongan didampingi Kapolsek Sinjai Selatan Akp Sabri Hidayat menyasar perkampungan yang ada di Dusun Karumassing, Desa Palangka, Kec. Sinjai Selatan, disana rombongan mendatangi kediaman Ibu Saripa (50) yang tinggal diatas tenda berukuran 2×4 M dan hidup bersama suami serta satu orang anak.

Sebelumnyah ibu saripa dan suaminya pernah merantau di Kolaka Sulawesi Tenggara sebagai petani namun tidak membuahkan hasil hingga akhirnya pulang ke kampung halaman.

Saat dikunjungi ibu saripa langsung terlihat tampak ada rasa kaget dan bertanya-tanya dalam hati bercampur rasa haru karena dikunjungi orang nomor satu di Polres Sinjai.

Pada kesempatan tersebut Akbp Ardiansyah menyempatkan waktunya untuk berbincang-bincang dengan ibu saripa dan mengungkapkan rasa belasungkawanya, “kami dan rombongan turut prihatin atas kondisi tempat tinggal ibu (saripa)”, ucapnya.

Tak hanya sekedar berbincang, ibu saripa juga mendapat bantuan sembako dan santunan dari Kapolres bersama rombongan, “mudah – mudahan ini bisa meringankan beban ibu bersama keluarga”, tambah Kapolres.

Setelah kunjungannya ke kediaman ibu saripa, rombongan Kapolres melanjutkan kepeduliannya ke rumah Ibu Hamsia (81) dan Bapak Hasan (75) yang juga merupakan warga kurang mampu di Kec. Sinjai Selatan.

Diakhir kunjungan, Akbp Ardiansyah bersama Ibu Bhayangkari menyempatkan singgah disalah satu Masjid yang ada di Dusun Lappacilama, Desa Alenangka, Kec. Sinjai Selatan dan memberikan bantuan sajadah serta mukena untuk para jamaah Masjid. (Humas Polres Sinjai)

Apa yang dilakukan Kapolres Sinjai adalah sebuah bentuk empati Polri kepada masyarakat sekaligus membuktikan keimanan seorang muslim, dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ’anhuma, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Barangsiapa membantu kebutuhan saudaranya, maka Allah Azza wa Jalla senantiasa akan menolongnya. Barangsiapa melapangkan kesulitan orang Muslim, maka Allah akan melapangkan baginya dari salah satu kesempitan di hari Kiamat dan barangsiapa menutupi (aib) orang Muslim, maka Allâh menutupi (aib)nya pada hari Kiamat.” (HR. Bukhari, Muslim, Ahmad, Abu Dawud, at-Tirmidzi, dan Ibnu Hibban)

Sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam (yang maknanya), “Barangsiapa yang melapangkan satu kesusahan dunia dari seorang mukmin, maka Allah melapangkan darinya satu kesusahan di hari Kiamat.”

Karena balasan itu sesuai dengan jenis perbuatan. Hadits-hadits tentang masalah ini banyak sekali, misalnya sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam,

“Sesungguhnya Allah menyayangi hamba-hamba-Nya yang penyayang” (HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud dan lainnya dari Usamah bin Zaid Radhiyallahu anhu).

Seorang Muslim hendaknya berupaya untuk membantu Muslim lainnya. Membantu bisa dengan ilmu, harta, bimbingan, nasehat, saran yang baik, dengan tenaga dan lainnya.

Seorang Muslim hendaknya berupaya menghilangkan kesulitan atau penderitaan Muslim lainnya. Bila seorang Muslim membantu Muslim lainnya dengan ikhlas, maka Allah Azza wa Jalla akan memberikan balasan terbaik yaitu dilepaskan dari kesulitan terbesar dan terberat yaitu kesulitan pada hari Kiamat.

Oleh karena itu, seorang Muslim mestinya tidak bosan membantu sesama Muslim. Semoga Allah Azza wa Jalla akan menghilangkan kesulitan kita pada hari Kiamat.

Penulis : Sumarwan

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password