Peduli harus Dibarengi dengan Aksi, bukan Retorika Semata

369b1d36-fa61-4e73-8f2e-2abc9d4daaca-e1518515628660

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jatim – Polres Trenggalek – Banyak jalan menuju Roma. Mungkin pepatah itulah yang mendasari jajaran Satlantas Polres Trenggalek untuk terus menebarkan kebaikan dimanapun berada. Melalui Program Polantas Berbagi, Satlantas Polres Trenggalek terus berupaya mendekatkan diri dengan masyarakat. Kesan Polisi tempo dulu yang sangar atau menakutkan mulai terkikis berganti dengan sosok polisi yang humanis dan dekat dengan siapa saja.

Sebelumnya, dibawah komando AKP Ricky Tri Dharma, S.H., S.I.K. membagikan sarapan pagi kepada masyarakat miskin dan kaum marjinal di Trenggalek. Program yang digelar setiap hari selama hampir dua bulan tanpa putus itu mendapat apresiasi dari banyak kalangan. Mayoritas berpendapat bahwa bagi-bagi sarapan pagi ini merupakan bentuk kepedulian polisi kepada masyarakat disaat sikap individualistik mulai menyeruak dan melupakan gotong royong yang merupakan nilai luhur yang sepatutnya dilestarikan.

Program Polantas Berbagi tidak hanya berkutat pada bagi-bagi sarapan saja. Siang tadi, beberapa anggota Satlantas Polres Trenggalek dipimpin oleh Aiptu Lukito menyambangi panti asuhan Al-Muhajirin yang berada di Desa Ngulanwetan Kecamatan Pogalan Trenggalek, Selasa (13/02).

Kehadiran polisi lalulintas ini untuk memberikan bantuan dan santunan kepada anak yatim piatu yang berada di panti asuhan tersebut. Tak ayal, mereka pun disambut sukacita oleh anak-anak panti asuhan. Apalagi kehadiran polwan-polwan cantik yang tentu saja membuat suasana lebih berwarna.

“Mungkin yang kami berikan tidak seberapa, tapi bisa bertemu dan menyatu bersama anak-anak yatim piatu ini bisa membawa kebahagiaan tersendiri bagi kami juga anak-anak” ucap Aiptu Lukito.

“Mohon diterima dan semoga berkah” imbuhnya seraya menyerahkan bingkisan.

Sementara itu, AKP Ricky menegaskan, pihaknya akan terus mengencarkan program Polantas Berbagi sekaligus sebagai media menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas khususnya bidang Kamseltibcarlantas. AKP Ricky berpendapat bahwa peduli harus dibarengi dengan aksi sehingga tidak hanya sebatas retorika saja.

“Dalam konteks internal, program Polantas Berbagi ini untuk mengedukasi personel agar lebih peka dan peduli terhadap lingkungan sekitar. Jika ada masyarakat yang sekiranya membutuhkan bantuan, ya harus dibantu. Minimal ada aksi. Tidak hanya kasihan tapi tak berbuat apa-apa. Harus ada langkah kongkrit” jelasnya.

Penulis : Ady / Polres Trenggalek Jatim
Editor : Alfian Nurnas
Publish : Handoko / Polres Trenggalek Jatim

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password