Polres Lampung Barat Mengikuti Upacara Serah Terima Dandim 0422 Lampung Barat

IMG_6997

Tribratanews.polri.go.id – Polda Lampung/Polres Lampung Barat. Kepala Kepolisian Resor Lampung Barat Ajun Komisaris Besar Polisi Tri Suhartanto,S.Ik. bersama Forkopimda Lampung Barat dan Pesisir Barat menghadiri upacara serah terima jabatan Dandim 0422 Lampung Barat dari Letkol Inf Iskandar, S.H.,M.Han Kepada Letkol Kav Adri Nurcahyo, S.T. bertempat di Lapangan Upacara Kodim 0422 Lampung Barat dengan peserta upacara dari TNI/Polri dan Pol PP pada Selasa 13/02/2018.

IMG_6951Dalam upacara yang dipimpin Kasrem 043 Gatam Letkol Inf Jajang Kurniawan sebagai inspektur upacara, di tandai dengan penyematan pangkat dan penyerahan tongkat komando serta penandatanganan berita acara serah terima jabatan.

Dalam kesempatan tersebut Inspektur upacara membacakan amanat Danrem 043 Gatam Kolonel Inf Hadi Basuki,S.Sos,M.M,M.Tr(Han). mengatakan, Secara organisasi alih tugas dan jabatan merupakan suatu konsekuensi alamiah yang biasa terjadi dalam kurun waktu tertentu sesuai tuntutan dan tantangan tugas yang dihadapi, sekaligus juga dalam rangka pembinaan personel dan organisasi.

IMG_7012melalui mutasi jabatan Komandan Kodim O422/Lampung Barat, ke depan diharapkan kinerja satuan ini semakin optimal dalam rangka mendukung keberhasilan tugas pokok Korem 043 Garuda Hitam.

Kodim 0422/Lampung Barat merupakan Satuan yang Iangsung di bawah Korem 043/Garuda Hitam, yang mempunyai tugas menyelenggarakan pembinaan wilayah di daerahnya, guna dapat menyiapkan wilayah pertahanan di darat dan menjaga keamanan wilayah khususnya di wilayah Kabupaten Lampung Barat dan Pesisir Barat,”terang Kasrem.

IMG_7028Sementara itu terkait dengan pentingnya tercipta kesinambungan pembangunan daerah, Satuan Kodim O422/Lampung Barat harus mampu melaksanakan dan merealisasikan tugas koordinasi dalam rangka mendukung dan mengamankan kebijakan Pemerintah Daerah agar pembangunan di wilayahnya dapat berjalan dengan lancar guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat di wilayahnya.

Kondisi yang demikian ini akan sangat berpengaruh terhadap upaya pembinaan kewilayahan yang dilakukan oleh Kodim 0422/Lampung Barat, baik langsung maupun tidak langsung. Oleh karena itu, setiap Aparat Kewilayah jajaran Kodim 0422/Lampung Barat dituntut lebih peka dan memiliki naluri binter yang lebih sensitif, sehingga mampu membaca setiap fenomena gejolak yang muncul ditengah masyarakat.

Setiap gejolak yang mungkin terjadi atau yang dapat mengancam harmonisasi kehidupan masyarakat harus dapat diantisipasi secara cermat dan tepat. Dengan harapan, sehingga setiap permasalahan yang timbul tidak berkembang secara negatif,”Jelas Kasrem.

selaku Komandan Korem O43/Gatam, saya perintahkan kepada Komandan Satuan Jajaran Korem O43/Gatam agar lebih peka dan bijaksana dalam bersikap, inovatif dan berpikir rasional dalam melaksanakan pembinaan wilayah, karena permasalahan sosial yang terjadi masyarakat secara tiba-tiba bisa saja muncul. Tentunya langkah yang harus diambil, sangat membutuhkan kejernihan dalam berpikir, kedewasaan dalam bersikap dan kecermatan dalam setiap mengambil keputusan, serta dukungan profesionalisme keprajuritan di lapangan yang memadai.

kepada satuan Komando Kewilayahan juga harus selalu membuka diri dan memberikan respons positif kepada segenap masyarakat agar benar benar tercipta komunikasi sosial yang harmonis dengan seluruh elemen masyarakat, karena hanya dengan jalinan komunikasi yang seimbang dan harmonis sajalah, maka kita mampu menemukan setiap akar permasalahan yang timbul di masyarakat, sehingga kita mampu menemukan solusi yang tepat dan akurat.

IMG_7033Dengan demikian, muara dari solusi tersebut, tentunya akan semakin terwujudnya sinergis dan Kemanunggalan TNI dengan rakyat, yang telah terbukti kehandalannya dari jaman kemerdekaan sampai dengan saat ini.

Selain saya sampaikan di atas, sikap saling memahami, saling pengertian dan kerjasama antara aparat keamanan, aparatur pemerintah daerah dengan segenap komponen masyarakat, harus pula selalu ditumbuhkan dalam dada setiap prajurit Kodim O422 Lampung Barat.

Untuk dapat merealisasikan tuntutan tersebut, maka Satuan Kodim 0422 lambar harus proaktif berupaya terus meningkatkan koordinasi, komunikasi dan silaturahmi secara intensif dengan segenap komponen masyarakat guna terpeliharanya suasana wilayah Kabupaten Lampung Barat dan Pesisir Barat yang lebih kondusif dan harmonis,”Ucap Kasrem.

terkait dengan akan digelarnya pelaksanaan Pemilukada serentak khususnya di wilayah Provinsi Lampung. saya ingatkan dan perintahkan kepada seluruh prajurit dan PNS TNI jajaran Kodim 0422/Lampung Barat tentang periha| Netralitas TNI dalam Pemilu. Pedomani dan pegang teguh rambu-rambu Netralitas TNI yang telah ditetapkan oleh Komando Atas. Komando tidak akan mentolerir pelanggaran terhadap Netralitas TNI dan pasti menerapkan sanksi berat bagi Prajurit dan PNS TNI AD yang melakukan pelanggaran Netralitas ini,”tegas Kasrem.

Penulis         : Edi Susanto/Polres Lampung Barat

Editor           : Alfian Nurnas

Publish         : Edi S.

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password