Inilah Dua Sosok Perwira Dibalik Prestasi Yang Diraih Polres Balikpapan

Akbp Jeffri dan Kompol Yolanda

Tribratanews.polri.go.id – Polres Balikpapan, sungguh luar biasa. Itulah kalimat yang pantas untuk menggambarkan pencapaian yang diraih oleh keluarga besar Polres Balikpapan 3 bulan terakhir ini. Setidaknya ada 3 penghargaan yang berhasil diboyong ke Polres Balikpapan.

Pertama, pada pertengahan bulan Desember yang lalu, Polres Balikpapan mendapatkan penghargaan dari Menteri Pemberdayaangunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) sebagai Unit Kerja Pelayanan Berpredikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). Yang mana penghargaan yang diterima oleh Polres Balikpapan ini merupakan penghargaan satu-satunya Polres di jajaran Polda Kalimantan Timur.

Dan hanya berselang satu hari, Polres Balikpapan kembali menerima penghargaan kedua yakni penghargaan dari Kapolri dan Ombudsman RI sebagai Polres terbaik di bidang pelayanan SIM di lingkungan Polri tahun 2017.

Ketiga, diakhir bulan Januari yang lalu tepatnya pada tanggal 24 Januari 2018 Polres Balikpapan mendapatkan penghargaan dari Menteri PANRB sebagai Unit Pelayanan Publik ditingkat Polres dengan nilai Sangat Baik.

Ketiga penghargaan yang diraih Polres Balikpapan merupakan kerja keras seluruh anggota Polres Balikpapan hingga Polsek Jajaran dalam melaksanakan tugas dan berbagai kegiatan, akhirnya membuahkan hasil dengan sebuah prestasi gemilang yang berhasil diraihnya.

Sebuah prestasi itu, tak lepas dari sentuhan tangan dingin dari Kapolres Balipapan sebelumnya yakni AKBP Jeffri Dian Juniarta, SH, SIK dan Wakapolres Balikpapan Kompol Yolanda Evalyn Sebayang, SIK, MM. Dua pucuk pimpinan Polres Balikpapan yang sangat tegas, tapi tetap sabar dan telaten dalam membimbing PJU (Pejabat Utama) Polres Balikpapan dan anggotanya. Baik dalam menjalankan tugas rutin serta berbagai kegiatan yang dilaksanakannya. Sehingga, berhasil menorehkan prestasi dengan memperoleh ketiga penghargaan tersebut.

Atas torehan yang dicapai Polres Balikpapan berkat tangan dingin AKBP Jeffri Dian Juniarta dan Kompol Yolanda Evalyn Sebayang, Walikota Balikpapan HM Rizal Effendi memberikan Pin Emas dan Piagam Penghargaan kepada keduanya saat selesai melaksanakan Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun Balikpapan Ke-121 tahun.

Akbp JeffriUntuk AKBP Jeffri Dian Juniarta mendapatkan Piagam Penghargaan dari Pemkot Balikpapan sebagai Pelopor Keterbukaan Publik dan Informasi Teknologi (IT).

“Meskipun AKBP Jeffri Dian Juniarta sudah tidak menjabat Kapolres Balikpapan, Kami atas nama Pemerintah Kota dan Masyarakat Kota Balikpapan memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas sumbangsih dan kerja keras beliau selama menjabat sebagai Kapolres Balikpapan,” tutur Walikota Balikpapan HM Rizal Effendi kepada Tribratanews.polri.go.id seusai penyerahan penghargaan di aula Pemkot Balikpapan, Jumat (09/02/2018).

Rizal Effendi menambahkan bahwa dirinya juga mengucapkan terimakasih atas kesediaan AKBP Jeffri Dian Juniarta datang ke Kota Balikpapan dan memenuhi undangan Pemkot Balikpapan meskipun ditengah kesibukan tugasnya di Bareskrim Mabes Polri.

Di tempat terpisah, AKBP Jeffri Dian Juniarta mengucapkan terimakasih kepada Walikota Balikpapan dan masyarakat Kota Balikpapan atas apresiasi dan penghargaan yang diberikan kepadanya.

“Apa yang saya terima pagi ini, merupakan momen sejarah yang tak bisa saya lupakan. Sekali lagi saya mengucapkan terimakasih kepada Bapak Walikota dan Wakil Walikota serta Masyarakat Balikpapan semuanya. Dirgahayu Kota Balikpapan Ke-121,” ungkap AKBP Jeffri Dian Juniarta.

AKBP Jeffri Dian Juniarta menambahkan bahwa penghargaan yang diterimanya berkat partisipasi dan dukungan masyarakat Balikpapan saat dirinya menjabat Kapolres Balikpapan serta ia meminta kepada masyarakat Kota Balikpapan agar selalu mendukung dan bekerjasama dengan Polres Balikpapan dibawah kepimpinan Kapolres Balikpapan AKBP Wiwin Firta.

kompol yolandaSelain AKBP Jeffri Dian Juniarta, Wakapolres Balikpapan Kompol Yolanda E Sebayang juga mendapatkan penghargaan dari Pemkot Balikpapan sebagai Pelopor Bidang Peranan Perempuan dan Pembinaan Masyarakat.

Penghargaan yang diterima Kompol Yolanda E Sebayang merupakan bukti kerja kerasnya dan sumbangsihnya kepada masyarakat Kota Balikpapan khususnya kaum perempuan.

Dan perlu diketahui, selama menjabat Wakapolres Balikpapan, Kompol Yolanda E Sebayang banyak membuat beberapa program dan inovasi yang ia lakukan. Diantaranya yakni kegiatan Say War to Drugs, Charity for Hero, Festival Videogram Balipkapan Anti HOAX, Festival Anak Jalanan dan Festival Videogram Indonesia Anti HOAX.

Berkat prestasi dan kerja keras yang ditunjukkan Kompol Yolanda E Sebayang selama menjabat Wakapolres Balikpapan, ia mendapatkan tiket untuk melanjutkan Pendidikan Sekolah Staf dan Pimpinan Menengah (Sespimmen) Polri dari Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Pol Tito Karnavian.

Hal tersebut disampaikan kepada Kapolda Kaltim dan Pejabat Utama Polda Kaltim disela-sela kunjungan kerja Kapolri di Polda Kalimantan Timur beberapa waktu yang lalu.

Selain prestasi yang diraih, ada sisi istimewa dari Kompol Yolanda E Sebayang. Beliau yang seorang nasrani merupakan salah satu inisiator/pengagas pembangunan masjid kebanggaan Polres Balipapan yakni Masjid Baitul Aman. Banyak ide-ide dan design yang beliau curahkan untuk menghiasi dan menambah keagungan serta keindahan masjid yang menjadi salah satu ikon Kota Balikpapan saat ini. Salah satu ide dan design beliau yakni masjid berbentuk kotak yang dibalut dengan ornament khas Kalimantan serta design menara masjid yang terdapat lafadz adzan.

“Terimakasih Pemkot Balikpapan dan Masyarakat Kota Balikpapan atas apresiasi dan penghargaannya. Semoga apa yang saya raih ini dapat memacu saya dan personel Polres Balikpapan untuk terus berkarya. Dan saya berharap prestasi yang diraih saat ini akan bisa diteruskan di tahun-tahun mendatang, walaupun diri saya sudah tak lagi menjabat Wakpolres Balikpapan,” tandas Kompol Yolanda E Sebayang.

Penulis : B. Rachmad
Editor : Alfian Nurnas
Publish : B. Rachmad

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password