Peran Aktif Banser Cegah Berkembangnya Paham Radikalisme dan Anti Pancasila

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jatim – Polres Trenggalek – Banser sebagai bagian dari badan otonom Nahdlatul Ulama merupakan organisasi besar yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia khususnya Jawa Timur. Keberadaan Banser atau Barisan Ansor Serba Guna harus membawa manfaat bukan saja kepada organisasi melainkan seluruh umat. Hal tersebut telah dibuktikan dengan peran Banser di Trenggalek dalam berbagai kegiatan baik perbantuan personel maupun kegiatan sosial lainnya seperti bencana alam dan sebagainya.

Hal tersebut diungkapkan Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S, S.I.K., M.H. saat memberikan sambutan dalam rangka pembukaan pendidikan dan latihan dasar Satkorcab Banser Trenggalek ke-X di Ponpes Miftakhul Muslim Al Musadi Desa Jati Kecamatan Karangan Trenggalek yang diikuti oleh sedikitnya 150 orang, Jumat (09/02).

Selain Kapolres, hadir pula Pejabat Utama Polres Trenggalek,  Muspika Kecamatan Karangan, Ketua NU Cabang Trenggalek KH Fatkhulloh Sholeh, pimpinan Ponpes Miftakhul Muslim Al Musadi. KH.Ali Muhsin serta para pengurus PCNU dan Banser Trenggalek.

Lebih lanjut AKBP Didit menuturkan, saat ini banyak berkembang melalui berbagai media tentang faham radikalisme dan anti Pancasila. Pihaknya berharap, Banser ikut serta berperan aktif mencegah hal tersebut. Tentunya pada batas-batas tertentu yang masih dalam koridor hukum.

“Selama ini hubungan antara Kepolisian dan NU khususnya Banser telah berjalan dengan baik. Sering saya lihat, Banser ikut mengamankan pengajian atau kegiatan masyarakat lainnya. Demikian pula saat terjadi bencana alam, Banser juga tak ragu untuk hadir dan membantu. Ini tentu hal positif yang membawa manfaat langsung kepada masyarakat” ujar AKBP Didit.

Diakhir sambutannya, AKBP Didit secara khusus mengajak warga NU dan Banser untuk ikut serta menyemarakkan pengajian akbar yang akan digelar di Mapolres Trenggalek dalam waktu dekat.

“Insyaallah tanggal 17 Maret 2018 nanti, kami akan mengadakan pengajian akbar. Kepada semua dipersilakan untuk hadir dan meramaikan. Kita berdoa bersama agar Trenggalek selalu diberikan perlindungan oleh Allah SWT” pungks AKBP Didit.

Penulis : Ady / Polres Trenggalek Jatim
Editor : Alfian Nurnas
Publish : Handoko / Polres Trenggalek Jatim

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password