Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Latihan Rutin untuk Pilkada 2018 Aman

6f6a8f58-f010-464d-b9d8-44f1df4252b5

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jatim – Polres Trenggalek – Berbagai pelatihan terus gencar dilakukan oleh jajaran Polres Trenggalek. Apalagi menjelang Pilkada serentak yang akan digelar beberapa bulan kedepan. Meskipun sudah pernah ditampilkan pada Latpraops Mantap Praja Semeru 2018 beberapa hari yang lalu, bukan berarti pelatihan berhenti disitu. Pelatihan baik pengendalian massa maupun pelatihan fungsi kepolisian lainnya tetap rutin dilaksanakan.

Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S, S.I.K., M.H., menuturkan, salah satu cara agar kompetensi personel semakin terasah adalah melalui pelatihan. Tidak sembarangan, pelatihan yang digelar menggunakan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dan Silabus seperti halnya di Lembaga Pendidikan Polri.

“Pelatihan tetap dilakukan. Kan sudah menjadi agenda rutin. Minimal seminggu sekali sesuai dengan Tupoksi masing-masing” terang AKBP Didit.

Seperti yang terlihat di halaman Mapolres Trenggalek pagi ini, puluhan personel Satsabhara lengkap dengan peralatan Dalmasnya tengah mempraktekkan gerakan memukul mundur massa dalam ikatan peleton. Sedang di sudut yang lain, para negosiator yang diperankan oleh beberapa Polwan terbaik juga berlatih bagaimana cara efektif menurunkan tensi massa, Jumat (09/02).

“Tiap tahapan Pemilu memiliki kadar kerawanan yang berbeda sehingga pola penanganan juga berbeda. Tiap tahapan itu kita latihkan terus dari situasi aman hingga kontijensi. Jadi saat terjadi, kita sudah benar-benar siap” ungkap AKBP Didit.

Tak hanya pengendalian massa, pemanfaatan teknologi di Command Center Polres Trenggalek pun tak luput dari kurikulum pelatihan ini. Command Center yang merupakan pusat kendali operasi Polres hingga Polsek jajaran ini diawaki oleh personel pilihan yang memang memiliki kompetensi di bidang IT.

“Kesinambungan antara operasional dengan manajemen operasi sangat penting. Di Command Center ini semua laporan dan data yang masuk diolah untuk memutuskan konsep pengamanan yang paling tepat, berapa personel yang diterjunkan dan bagaimana cara bertindaknya” ujar AKBP Didit.

Tak dipungkiri, dinamika politik menjelang Pilkada 2018 memang terasa mulai menghangat. Polres Trenggalek sebagai pihak yang bertanggungjawab tentang kondisi Kamtibmas wilayah berkewajiban mempersiapkan diri sebaik-baiknya agar Kabupaten Trenggalek tetap aman, tertib dan roda ekonomi berjalan normal sebagaimana biasanya.

“Harapannya seperti itu. Selama proses Pilkada dan Pemilu 2019 nanti Kamtibmas tetap kondusif” pungkas AKBP Didit.

Penulis : Ady / Polres Trenggalek Jatim
Editor : Alfian Nurnas
Publish : Handoko / Polres Trenggalek Jatim

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password