Majelis Taqlim di Balangan, Guru Bakhiet : Keutamaan Musyahadah

Tribratanews.polri.go.id, Polres Balangan, Pengajian guru bakhiet yang rutin digelar di Majelis Ta’lim Nurul Muhibbin desa Mampari kecamatan Batumandi, Balangan, mendapatkan pelayanan pengamanan dari Polres Balangan dengan personel POlsek Batumandi, Selasa (6/2/2018) pukul 18.00 hingga 22.00 Wita.

Ribuan jemaah yang datang dari berbagai daerah, baik dari kabupaten Balangan maupun kabupaten sekitar Balangan memadati lokasi. Usai sholat Isya berjamaah dilanjutkan dengan Pembacaan Kitab / ceramah agama yaitu Kitab Al Hikam karangan Ahmad Ibnu Attahailah ( Ulama Ahlussunnah Wal Jamaah )

Disampaikan Guru Bakhiet, Materi Ceramah yaitu tentang keutamaan musyahadah (persaksian), dengan mencapai tujuan untuk Ketenangan hati, terlebih dengan Musyahadah yang diiringi dengan mujahadah dalam beramal.

2 cara bermusyahadah, petama bertafakur dengan melihat obyek yang ada di langit dan bumi. Wayatafakkaruuna fii kholqis samaawaati wal Ardh (merenungkan penciptaan langit dan bumi). kedua, Allah memberikan anugerah akal sehat agar manusia mampu mencerna makhluk (obyek) untuk menghasilkan pengetahuan yang dapat menambah penenalan dan kedekatannya kepada Pencipta-Nya. Kedua, dengan musyahadah hati menjadi ingat kepada Allah.

Menyambungkan keduanya (fikir dan dzikir) akan menghasilkan kekuatan keimanan dan taslim (ketundukan) di balik agama Allah. Robbanaa maa kholaqta haadzaaa baathilaa (Wahai Tuhan kami, tiadalah yang Engkau ciptakan ini sesuatu yang sia-sia (batil) Orang yang memadukan fikir dan dzikir menyatakan bahwa tidak ada satu makhluk pun yang Allah ciptakan sia-sia. Sebab semuanya diciptakan bukan berdasarkan abasin (main-main) tapi berdasarkan ilmu Allah SWT yang pasti dan kekal.

Semua ada di langit dan bumi mengandung kemanfaatan bagi manusia itu sendiri. Dalam hal ini (dengan adanya penciptaan segala yang ada di langit dan bumi) Allah ingin mewujudkan manusia agar dapat meningkatkan keimanan dan ketundukannya kepada Allah SWT, Yang menciptakannya.

Bertindak selaku pengendali keamanan, Kasat Sabhara AKP Tukiman, SH, mewakili Kapolres Balangan membenarkan kegiatan pengamanan kegiatan keagamaan tersebut.

“Selama pelaksanaan kegiatan dapat berjalan dengan aman, lancar dan kondusif dengan pengamanan dan pengaturan personil Polres Balangan, Polsek Batumandi, Sat Pol PP, Dishub Balangan dan Banser GP Ansor, ” terangnya.

Penulis : Lois Adi
Editor   : Alfian
Publish : Lois Adi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password