Bersama Gakkumdu, Polres Banyuwangi Siap Menciptakan Pilkada 2018 yang Aman dan Kondusif

Tribratanews.com – Polda Jatim – Polres Banyuwangi – Bertempat di lapangan tenis Gor Tawangalun, Kapolres Banyuwangi AKBP Donny Adityawarman, S.I.K., M.Si. memimpin pelatihan simulasi Gladi Posko Operasi Mantap Praja Semeru 2018 dalam rangka pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur tahun 2018, Rabu (7/2).

Sekitar 100 personil yang terdiri dari para pejabat utama, Kapolsek, Kanit Reskrim dan Kanit Intel Polsek jajaran Polres Banyuwangi menghadiri acara tersebut. Turut pula sentra Gakkumdu Kabupaten Banyuwangi guna mensukseskan gelaran pesta demokrasi warga Jawa Timur yang akan digelar.

AKBP Donny Adityawarman, S.I.K., M.Si. mengatakan acara akbar pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2018 menjadi atensi penting Polres Banyuwangi dengan berbagai keberagaman masyarakat. Senantiasa menjaga stabilitas Harkamtibmas di wilayah menjadi tantangan korp Bhayangkara ini.

Naiknya suhu politik menjelang pemilihan dapat memicu terjadinya konflik dan pelanggaran. Kepekaan para personil dalam menyerap informasi diperlukan guna menciptakan pemilu yang bersih, aman dan damai.

“Analisa dan evaluasi senantiasa kita lakukan, begitupun dengan pelatihan ini kita sesuaikan dengan kondisi wilayah dan situasi masyarakat Banyuwangi”, tegas AKBP Donny.

Wujud atensi Polres Banyuwangi dalam pengamanan pesta demokrasi yang dilaksanakan setiap lima tahun sekali tersebut dituangkan dalam role latihan pentahapan proses Pilkada dari mulai pengamanan proses pendaftaran, pencalonan, kampanye, masa tenang sampai dengan waktu pencoblosan calon pemimpin Jawa Timur.

Dihadirkan pula materi simulasi berupa asumsi dua kelompok pendukung yang terlibat tawuran dan merusak atribut pasangan calon sehingga memicu memanasnya suhu politik, maka Kapolres menginstruksikan kepada seluruh jajaran agar meredam dan mengantisipasi kejadian dengan melibatkan unsur Muspida, Muspika, Toga, Tomas dan Tiga setempat.

Kapolres Banyuwangi mengharapkan dengan adanya gladi dapat memberi gambaran sebagai acuan dalam bertindak sesuai SOP kepolisian sehingga meminimalisir kerawanan dan pelanggaran dalam Pilkada mendatang.

“Kami harapkan kesiapsiagaan seluruh personil Polres Banyuwangi beserta elemen terkait dalam pengamanan Pilkada 2018”, ungkapnya.

Lanjutnya, diharapkan Polri senantiasa bersikap netral dan melaksanakan tugas sesuai peraturan yang berlaku agar Pilkada Jawa Timur 2018 dapat berjalan aman, lancar, dan kondusif.

“Kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas dan kerja tuntas. Jadikan tugas pengamanan sebagai ladang ibadah”, tutup pimpinan Polres Banyuwangi ini.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password