Satu Peleton Polisi Amankan Rakor Persiapan Pelaksanaan Kampanye dan Dana Kampanye Pilgub Bali Tahun 2018

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali, Kompol I Made Suwirta mewakili Kapolda Bali, Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose menghadiri rapat koordinasi (rakor) persiapan pelaksanaan kampanye dan dana kampanye Pilgub Bali tahun 2018 di kantor KPU Provinsi Bali, Jalan Cok Agung Tresna, Renon, Denpasar.

Rakor tersebut dipimpin Ketua KPU Provinsi Bali, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, S.T., S.H. dan dihadiri Ketua Bawaslu Provinsi Bali I Ketut Rudia, Komisioner KPU Bali, Ketua KPU Kabupaten Gianyar dan Klungkung, LO kedua Paslon Gubernur Bali dan Satpol PP Provinsi Bali.

Wakasatgas Intelijen Ops Mantap Praja Agung 2018, Kompol I Nyoman Suwirta saat membacakan sambutan Kapolda Bali mengatakan, pelaksanaan Pilkada yang dikawal saat ini akan memasuki tahap penetapan Paslon, pengundian nomor urut Paslon dan kegiatan kampanye.

Rapat koordinasi ini diadakan sebagai salah satu sarana untuk memberikan penjelasan kepada para pelaksana kampanye, sesuai dengan Pasal 65 dan Pasal 69 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang metode kampanye dan larangan kampanye sehingga setiap tahapan Pilkada yang akan dilaksanakan dalam tahapan kampanye dapat berjalan aman, lancar dan damai.

“Selain itu, rakor ini digelar sebagai upaya agar setiap kegiatan tahapan Pilkada dapat berjalan dengan lancar, tepat sasaran, sesuai dengan waktu yang ditetapkan dan pengelolaan anggaran yang berjalan dengan efektif, efisien, transparan dan akuntabel,” ucapnya yang mengutip keterangan Kapolda.

Selanjutnya Kapolda meminta dalam pelaksanaan kampanye nanti, agar para ketua tim dan sekretaris tim kampanye serta koordinator Paslon Cagub dan Cawagub untuk menyampaikan pemberitahuan terlebih dahulu kepada Biro Operasi Polda Bali sebelum melaksanakan kampanye. Polri bersama dengan instansi terkait akan mengawal setiap kegiatan kampanye. “Agar waktu saat menyampaikan pemberitahuan ditaati sesuai dengan ketentuan, sehingga ada waktu bagi Polda Bali untuk menyiapkan rencana pengamanan kampanye tersebut,” imbuhnya.

Sementara Ketua KPU Provinsi Bali dalam sambutannya menyampaikan, sesuai dengan tahapan bahwa pada tanggal 12 Februari 2018 akan dilaksanakan rapat pleno terbuka penetapan Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Bali Pilkada 2018 dengan mengundang semua stakeholder, Paslon, LO Paslon, Tim Kampanye Paslon, Bawaslu Bali, Kesbangpol, KPU Kabupaten dan Kota se-Bali, Ketua DPW dan DPD Parpol Pengusung Paslon, KPI serta media.

Pengundian nomor urut Paslon rencana akan dilaksanakan pada tanggal 13 Pebruari 2018 pukul 16.00 wita bertempat di Gedung Wiswa Sabha Kantor Gubernur Bali Jl. Basuki Rachmat Renon Denpasar. Sedangkan kampanye damai bersama dilaksanakan pada tanggal 15 Pebruari 2018, dimana kampanye ini akan dilaksanakan dengan simple di kantor KPU Provinsi Bali. “Kegiatan kampanye bersama akan diisi dengan doa bersama dan penandatanganan deklarasi kampanye damai,” kata I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, S.T., S.H.

Pengamanan rakor itu dipimpin Kasatgas 2 Cekal Ops Mantap Praja Agung 2018, AKBP Drs. I Nengah Subagia. Sebanyak satu peleton personel yang bertugas dalam pengamanan perkantoran disiagakan. Selain itu pengamanan tertutup terdiri personel Direktorat Intelkam Polda Bali turut mengamankan jalannya rakor tersebut.

Penulis : Bina Wartawan

Editor   : Swanjaya

Publish : Adhitya Yoga

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password