Kunjungan Kerja ke RRI Ternate, Kapolda Malut dan Kepala Stasiun RRI Ternate Komitmen Ciptakan Pilkada Damai Melalui Siaran RRI

RRI 1

Tribratanews.polri.go.id – Polda Maluku Utara, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Maluku Utara (Malut) Brigjen Pol Drs. Achmat Juri M.Hum didampingi seluruh Pejabat Utama (PJU) di Polda Maluku Utara, melakukan kunjungan ke kantor Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) Ternate. Selasa (6/2/2018)

Kehadiran Jenderal bintang satu di Polda Malut berserta jajarannya di lembaga penyiaran milik negara tersebut, disambut langsung oleh Kepala Stasiun (Kepsta) RRI Ternate, Fitra Widjaja beserta seluruh Kepala Seksi (Kasi) yang ada di RRI Ternate.

Kapolda Malut, Brigjen Pol Drs. Achmat Juri M.Hum dalam pertemuannya mengatakan, kunjungan di berbagai media baik media Online, Cetak, Elektornik salah satunya RRI Ternate ini bertujuan untuk menciptakan situasi aman dan damai selama pemilihan Gubernur (Pilgub) yang akan dilaksanakan secara serentak di beberapa Provinsi di Indonesia termasuk Provinsi Malut.

Karena menurut Kapolda, media merupakan salah satu tiang paling penting untuk menyejukan dan mempersatu masyarakat, sebab RRI dan Polri memiliki tujuan yang sama yakni mengsejahterahkan bangsa.

Lanjut Kapolda, tahun 2018 dan tahun 2019 mendatang ini merupakan tahun politik, dan Provinsi Malut telah masuk sebagai Provinsi yang paling teraman dari 33 Polda yang ada di Indonesia sebagaimana terlihat dalam indikator keamanan baik.

“Selain itu kita juga mengsukuri bahwa masyarakat kita saat ini adalah masyarakat yang paling bahagia di bandingkan dengan Provinsi lain, maka itu saya harap menghadapi Pilgub dan Pileg maupun Pilpres 2019 mendatang bisa menjadi pesta yang aman.” ungkap Kapolda.

Menurut Kapolda, pendekatan ke berbagai media sebagaimana yang dilakukan ini, kerena media merupakan sarana komunikasi yang membentuk opini dan presepsi yang bisa menciptakan situasi menjadi lebih baik.

“Pada kesempatan inilah kami hadir di berbagai media salah satunya RRI Ternate untuk meciptakan pilkada yang berdemokrasi dengan ramah dan damai,” katanya.

Selain itu Kapolda juga menekankan, dalam Pilkada maupun Pileg dan Pilres nanti, dirinya akan terus melakukan berbagai pamantauan di berbagai media sosial yang mengandung issu Sarah, Kampanye dan ujaran kebencian serta fitnah yang saling menjatuhkan satu dengan yang lain.

“Kita harap masyarakat untuk tidak terpancing dengan berbagai issu yang akan berkembang di berbagai media terutama media sosial yang mengandung sarah maupun lain sebagainya, sebab issu yang disebarkan dan mengandung konten seperti itu bisa memutuskan tali silaturahmi antara lingkungan.” akunya.

RRI 2
Sementara itu, Kepsta RRI Ternate Fitra Widjaja dalam keterangnnya mengatakan, keamanan di Provinsi Malut merupakan tanggungjawab bersama, dan RRI baik dari pimpinan tertinggi hingga Dewan Pengawas (Dewas) telah melakukan antisipasi untuk menghadapi tahun politik di 2018 dan 2019 mendatang.

“Baru-baru ini kita telah melakukan pertemuan di Surabaya, dan semua RRI dihimbau untuk tetap menjaga keamanan, ketentraman serta tetap mengedepankan netralitas dalam menghadapi pilkada, dan kewajiban RRI juga untuk melakukan himbauan-himbauan kepada seluruh masyarakat untuk tidak melakukan hal-hal yang melanggar hukum,” ungkap Fitrah.

Fitra juga menyampaikan, untuk menjangkau siaran di seluruh Kabupaten dan Kota di Malut, kedepan RRI juga akan memiliki studio produksi wilayah perbatasan yang ada di Kabupaten Pulau Morotai.

“Khusus untuk Pilgub 2018, ada tiga unsur yang kita pertahankan selain netralitas, kita juga ditekankan untuk tidak memancing suasana didalam penyiaran dan tetap membentuk opini-opini damai serta kita juga harus melakukan himbauan-himbauan kepada masyarakat sehingga masyarakat tetap tenang dan pilgub maupun Pileg dan Pilpres nanti bisa berjalan sebagaimana mestinya.” pungkas Kepsta

Penulis             : Hesty

Editor              : Alfian Nur

Publish            : Mandala

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password