Rencana Naikkan Status Polres ke Polresta, Polres Biak Dikunjungi Tim Uji Kelayakan Srena Polri

Tribratanews.polri.go.id, Papua Polres Biak – Setelah diusulkan untuk dinaikkan status dari Polres menjadi Polresta, Polres Biak Numfor mendapat kunjungan dari Tim uji kelayakan dari Srena Mabes Polri, Selasa (6/2/2018).

Tim uji kelayakan peningkatan status dari Srena Polri dipimpin Brigjen Pol Drs. Sjamsul Sidiq. MH bersama Kombes Pol Drs. Yasdan Rivai. M.Hum, AKBP DR. Nurul Asizah. SIK. M.Si dan Penata Ahmad Bustomi. SE serta didampingi dari Biro Rena Polda Papua AKBP Ferdyan. SIK dan Kompol Mukhsin Ningkeula. SH.

IMG-20180206-WA0077

Dalam kunjungannya yang diterima oleh Kapolres Biak Numfor AKBP Rachmad Amsori. SIK dan Wakapolres Kompol I Nyoman Pujana. S.Sos.,M.Si serta para PJU dan personil di Gedung R. Soejoko Polres Biak Numfor. Pada kesempatan itu, Kapolres memaparkan tentang situasi dan kondisi Polres Biak Numfor, mulai dari luas wilayah, Satuan-satuan TNI yang ada di Biak, jumlah personil dan alut sista yang dimiliki Polres Biak Numfor.

Tim uji kelayakan menjelaskan tentang kriteria dan persyaratan yang harus dipenuhi setiap Polres yang diajukan untuk peningkatan status. Menurutnya, peningkatan status itu harus memenuhi kriteria yang ditetapkan dalam Peraturan Kapolri nomor 7 tahun 2014.

IMG-20180206-WA0159

“Beberapa kriteria seperti perkembangan ekonomi, industri dan sosial yang cukup pesat juga menjadi salah satu kriteria, selain itu juga meningkatnya kunjungan wisata, sehingga memerlukan peningkatan kapasitas pengamanan dan pengendalian operasional dari satuan kewilayahan di tingkat Polres, “papar Brigjen Sjamsul.

Disisi lain, imprastruktur yang ada di Polres Biak Numfor seperti Kantor Polres Biak Numfor yang dibangun menggunakan Anggaran tahun 2015 itu juga menjadi obyek penilaian oleh tim uji kelayakan. Tim juga menyempatkan untuk mengunjungi beberapa obyek wisata seperti Goa Jepang dan Monumen perang dunia II yang merupakan situs sejarah dan senantiasa menjadi sasaran wisata oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Apabila nantinya sudah ditetapkan menjadi Polresta, maka akan dipimpin oleh Kombes Pol serta beberapa satuan akan mengalami peningkatan, demikan halnya dengan jumlah personil juga akan bertambah. (*)

Penulis : Ruslan
Editor : Alfian Nur
Publish : Ruslan

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password