Kapolsek Monterado Lakukan Kampanye Anti Karhutla Bersama Muspika

Tribratanews.polri.go.id.

Polda Kalbar. Polres Bengkayang – Mencegah kebakaran hutan dan lahan (KARHUTLA) di wilayah Kecamatan Monterado Kabupaten Bengkayang, Kepala Kepolisian Sektor Monterado IPTU Rismanto Ginting, SH melaksanakan kampanye anti KARHUTLA bersama unsur Muspika (06/02/2018).

Kampanye anti KARHUTLA dilakukan oleh Muspika Kecamatan Monterado lebih awal sebagai upaya mencegah dan mengingatkan masyarakat untuk tidak membuka / mengolah lahan bertanam dengan cara di bakar.

IPTU Rismanto Ginting, SH mengatakan bahwa Kampanye anti KARHUTLA ini dilakukan dengan cara memberikan penjelasan kepada masyarakat secara humanis tentang dampak kesehatan dan ekosistem lingkungan hidup yang ditimbulkan dari membakar hutan atau lahan.

Walaupun beberapa minggu belakangan ini di wilayah Kecamatan Monterado masih hujan namun kampanye ini tetap dilakukan sebagai upaya mencegah pembakaran hutan atau lahan dengan cara yang salah pada saat memasuki masa tanam nanti.

“Kami tidak melarang masyarakat untuk bercocok tanam, namun saat membuka lahan mesti dengan cara yang benar. Jika harus di bakar tentunya harus dengan cara yang benar seperti harus di jaga agar api tidak meluas, perlu ada tempat menampung air atau embung sebagai bentuk antisipasi apabila api semangkin meluas”. Jelas Kapolsek Monterado pada masyarakat saat Kampanye.

Masyarakat Kecamatan Monterado menyambut baik upaya pencegahan serta pemberian pemahaman tentang dampak negatif membakar hutan atau lahan dan cara yang benar untuk membuka / mengolah lahan bertanam yang dilakukan oleh Kapolsek Monterado beserta unsur Muspika.

Kampanye anti KARHUTLA kali ini dilakukan bersama Camat Monterado bapak Edward Haris, S. Sos, Danramil 1202 Samalantan yang diwakili SERTU Sutrisno, para Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda, Selama kegiatan berlangsung situasi dalam keadaan kondusif.

Penulis : Eko Wahyu Sudianto
Editor : Alfian N / Nanang P
Publish : Dhean

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password