Empat Pilar Kebangsaan, Tiang Penyangga Keutuhan NKRI

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jatim – Polres Trenggalek – Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S, S.I.K., M.H., bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Trenggalek kompak mengikuti Silaturahmi Kebangsaan/Sosialisasi Empat Pilar di Pendhapa Manggala Praja Nugraha Trenggalek dengan narasumber Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Selasa (06/02).

Dalam acara yang diikuti oleh sedikitnya 500 orang tersebut,  Zulkifli Hasan memaparkan dalam membina keutuhan NKRI kita hendaknya memperhatikan dan mempedomani empat pilar kebangsaan yakni Pancasila sebagai dasar dan ideologi Negara, UUD Tahun 1945 sebagai konstitusi Negara, NKRI sebagai bentuk negara dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

“Agar Indonesia menjadi bangsa yang besar, ada 3 prasarat yang harus terpenuhi. Pertama dalam berbangsa dan bernegara harus saling percaya dan menghargai sehingga proses pembangunan bisa berjalan dengan aman dan kondusif. Kedua, jangan saling menghujat dan menista atau menyakiti satu sama lain. Dan ketiga, untuk menjadi bangsa yang besar harus memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi” jelasnya.

Dikonfirmasi terpisah Kapolres Trenggalek menuturkan, empat pilar kebangsaan adalah tiang penyangga negara yang harus terus dijaga keberadaannya. Semua pihak harus memiliki komitmen kuat terhadap empat pilar tersebut.

“Sosialisasi seperti ini sangat bermanfaat untuk meneguhkan kembali jati diri kita sebagai bangsa Indonesia. Tidak perlu lagi diperdebatkan karena empat pilar pada dasarnya berasal dari nilai-nilai luhur bangsa Indonesia” ucap AKBP Didit.

Menurut AKBP Didit, hal yang paling penting adalah empat pilar bukan sekedar wacana namun wajib diimplementasikan dalam kehidupan nyata sehari-hari.

“Jadi tidak cuma tahu atau hafal, tapi implementasikan dalam berkehidupan sehari-hari. Siapa lagi yang akan membesarkan negara ini kalau bukan kita. Dimulai dari diri sendiri. Dari hal yang paling kecil” pungkas AKBP Didit.

Penulis : Ady / Polres Trenggalek Jatim
Editor : Alfian Nurnas
Publish : Handoko / Polres Trenggalek Jatim

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password