Sambil Belajar, Kelompok Berantas Buta Huruf Bunga Desa Dapat Hadiah Dari Kapolsek Selakau

Tribratanews.polri.go.id. polda kalbar.polres sambas. Kapolsek Selakau IPTU Ronald Deny N .S.H.,M.H didampingi Bripka Abdul Rasyid personil Polsek Selakau menghadiri dan menjadi tenaga pengajar /tutor kegiatan program berantas buta aksara yang telah dilaksanakan dari bulan Desember 2017 sampai Januari 2018 di Paud Nusantara Dusun Semayang Desa Sungai Nyirih Kecamatan Selakau Kabupaten Sambas.

Pada kesempatan hari ini Selasa (6/2/2018) , Kapolsek hadir langsung beserta para tutor lainnya, suasana yang tampak seperti biasa dengan ibu-ibu duduk melantai menjadi seketika bahagia saat tutor sudah mulai menyampaikan materi.

Dalam kesempatan itu Kapolsek mengajarkan cara memperkenalkan diri sendiri dengan tampil satu per satu kedepan dihadapan para peserta didik.

Aminah salah satu peserta kelompok *Bunga Desa* mendapat giliran untuk memperkenalkan identitas dirinya kehadapan para peserta. Dengan bahasa Indonesia dan bahasa logat Melayu yang kental, sesekali terselip perkataan yang salah dalam pengucapan namun bisa diulang dan di benarkan oleh Kapolsek Selakau.

Menurut pria berpangkat Inspektur Polisi Satu ini penyajian materi pembelajaran haruslah berurutan sehingga bisa membantu untuk menentukan proses pembelajaran. Tanpa urutan yang tepat, jika di antara beberapa materi pembelajaran mempunyai hubungan yang bersifat prasyarat (prerequisite) akan menyulitkan peserta didik dalam mempelajarinya.

Misalnya, materi operasi bilangan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Peserta didik akan mengalami kesulitan mempelajari pengurangan jika materi penjumlahan belum dipelajari. Peserta didik akan mengalami kesulitan melakukan pembagian jika materi perkalian belum dipelajari.

Materi sebelumnya harus dipelajari dahulu sebagai prasyarat untuk mempelajari materi berikutnya. Tutor harus mengetahui tujuan pembelajarannya agar dapat melakukan pemilihan materi, metode, dan media. Tujuan itu akan mengarahkan dalam memilih materi, metode, dan media dan urutan kegiatan pembelajaran.dan bagaimana cara untuk menciptakan lingkungan belajar sedemikian rupa sehingga tujuan itu dapat dicapai.

Diwaktu terpisah Ka Upt dan Dinas pendidikan Kab. Sambas serta ketua BKPM siap membantu dan ikut berpartisipasi dalam mengsukseskan program berantas buta huruf. Ketua karang taruna Desa Sungai rusa Sdr. Jaka dan Kadus Desa kuala Sdr Khilis yang saat itu juga ikut melihat program tersebut mengungkapkan sangat menyambut baik kegiatan ini bahkan meminta pada Polsek Selakau agar kegiatan ini juga bisa dilaksanakan didesa mereka.

Kembali lagi dalam proses belajar mengajar di atas, dalam pernyataan sebelumnya Kapolsek Selakau Iptu Ronald Deny Napitupulu, S.H.,M.H. menjanjikan kepada peserta didik apabila rajin dan terbaik akan diberikan hadiah.

Dalam kesempatan tersebut tentunya sudah di rekap absensi dan didapat 5 peserta absen terbaik. Kapolsek menyerahkan 5 unit kompor gas sebagai hadiah, tujuannya agar para peserta dapat bertahan dan bersemangat untuk belajar dan mengikuti program hingga selesai.

Penulis : Rio
Editor : Alfian Nunar/nanang purnomo
Publis :chia

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password