Cegah Kecurangan, Bid Propam Polda Bali Awasi Seleksi SIP, Sespimmen dan Sespimma

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali, Bidang Propam Polda Bali melakukan pengawasan terhadap kegiatan seleksi SIP (Sekolah Inspektur Polisi), Sespimmen (Sekolah Staf dan Pimpinan Menengah) dan Sespimma (Sekolah Staf dan Pimpinan Pertama). Pengawasan dilakukan agar setiap tahapan tes dapat dilaksanakan secara transparan dan akuntabel, sehingga mampu menciptakan perwira dan pemimpin Polri yang berintegritas dan profesional.

Kabid Propam Polda Bali Kombes Pol. Beny Arjanto, S.I.K. mengatakan, Polda Bali melakukan pengawasan secara ketat dalam seleksi SIP, Sespimmen dan Sespimma dengan menerjunkan personel Bid Propam dan Itwasda. Setiap tahapan tes akan dipantau untuk menghindari terjadinya kecurangan yang dilakukan oleh panitia maupun peserta seleksi.

“Kecurangan bisa terjadi dengan cara membocorkan soal dan memanipulasi nilai ujian. Ini yang kita awasi agar tidak terjadi seperti itu. Sesungguhnya kecurangan itu sangat kecil kemungkinannya, mengingat usai pelaksanaan ujian, pihak panitia langsung memeriksa dan mengumumkan hasil ujian,” ujar Kabid Propam Polda Bali, Selasa (6/2/2018).

Mantan Kapolres Badung ini meminta kepada seluruh panitia dan peserta agar melaksanakan seluruh rangkaian tahapan seleksi dengan serius dan penuh integritas. “Saya harapkan kepada para peserta seleksi SIP, Sespimmen dan Sespimma untuk yakin dengan kemampuan yang dimiliki. Ikuti semua item tes dengan baik agar mendapat nilai yang bagus,” imbuhnya.

Menurutnya sistem pengawasan ini tidak hanya berlaku untuk seleksi SIP, Sespimmen dan Sespimma, tetapi juga diterapkan pada saat rekrutmen anggota Polri. “Jika ada peserta yang main-main akan langsung didiskualifikasi. Ini upaya kita agar kepercayaan masyarakat kepada Polri dalam rekrutmen anggota Polri semakin meningkat,” tutupnya.

Penulis : Bina Wartawan

Editor   : Swanjaya

Publish : Adhitya Yoga

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password