Hasilkan Akurasi Data Kecelakaan, Ditlanlantas Polda Kalsel Terapkan Software PC Rect dan PC Crash

Tribratanews.polri.go.id- Guna membantu memudahkan proses penyelidikan kasus kecelakaan di jalan raya. Ditlantas Polda Kalsel mendapatkan bantuan peralatan aplikasi sistem berbasis teknologi yang dinamakan dengan Software PC Rect dan PC Crash.

Pasalnya, TKP kecelakaan lalulintas banyak terjadi pada daerah yang sepi sehingga terkadang penyidik merasa kesulitan mencari saksi yang mengetahui secara langsung kejadian kecelakaan lalulintas, terutama yang terjadi pada malam hari.

Selain itu kesulitan yang dialami oleh penyidik adalah terkait pihak-pihak yang terlibat dalam suatu kecelakaan akan berusaha membenarkan dirinya dan menyalahkan pihak yang lain. Kondisi ini memperlukan suatu tantangan bagi penyidik kecelakaan lalulintas untuk mampu memberikan kepastian hukum dengan mampu menunjukan pihak yang bertanggungjawab dalam suatu kecelakaan lalulintas berdasarkan bukti-bukti yang sesuai dengan kejadian sebenarnya.

“Guna mengatasi kondisi tersebut, Ditlantas Polda Kalsel mulai menerapkan mengembangkan sistem berbasis teknologi yang dinamakan dengan Software PC Rect dan PC Crash. Kerja dari sistem ini dimulai dari data-data yang diperoleh dalam TKP kecelakaan lalulintas kemudian diolah menjadi sebuah rekontruksi kecelakaan lalulintas dalam bentuk 2 (dua) dimensi di komputer. Alat untuk merekontruksi tersebut dinamakan dengan Software PC Rect dan PC Crash,” tegas Kasubbid Gakkum AKBP Polda Kalsel Afri Darmawan SIK, Senin (5/2).

Lewat alat ini, tegas Afri, petugas akan mendapatkan data rekonstruksi yang diperoleh dalam fase sebelum benturan (pre crash), saat benturan (crash) dan setelah benturan (posh crash). Fungsi dari Software PC Rect dan PC Crash adalah mengolah barang bukti menjadi alat bukti.

“Dengan adanya petunjuk yang jelas terkait suatu kecelakaan lalulintas, maka akan memudahkan proses peradilan (penyidikan, penuntutan dan vonis pengadilan), karena terdapat kejelasan dalam melihat peristiwa kecelakaan yang terjadi, terlihat jelas posisi pengemudi kendaraan mana yang melanggar aturan yang ada,” ujarnya.

Afri meneruskan, pembuktian kecelakaan lalulintas memanfaatkan perkembangan teknologi, menggunakan Software PC Rect dan PC Crash. Diharapkan akan berpengaruh pada peningkatan kinerja penyidik laka lantas, karena mampu menggambarkan dengan jelas sebuah peristiwa kecelakaan.

“Baik pada fase pre cras, crash maupun posh crash, sehingga diketahui pelanggaran yang menjadi penyebab dalam peristiwa kecelakaan lalulintas tersebut. Penentuan pihak yang bertanggungjawab dalam sebuah kecelakaan sesuai dengan peristiwa, menunjukan bahwa telah terwujud suatu kepastian hukum dalam penyidikan kecelakaan lalulintas,” paparnya.

penulis   : Anang

editor     : Alfian

publish  : Hamsan

Admin Polri56598 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password