Pelaku Curanmor Bawa Kabur Motor yang Ditinggal Pemilik Belanja

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Timsus Polsek Rappocini dipimpin Panit II Reskrim Polsek Rappocini  Ipda Nurtcahyana berhasil meringkus pelaku curanmor (Pencurian kendaraan bermotor) di Jalan Aroepala Makassar, Senin (5/2/18) sekitar pukul 04.00 wita. Pelaku merupakan penjual ikan warga Jalan Sunggu Minasa Gowa berinisial AR (18).

Kasubbag Humas Polrestabes Makassar Kompol La Ode Idris menerangkan bahwa AR mengambil sepeda motor milik korban saat singgah berbelanja air mineral di warung samping Spbu Jalan Hertasning dan kunci sepeda motor milik korban masih melengket di sepeda motor korban.

“Tersangka lelaki AR melintas melihat sepeda motor dengan kunci motor masih melekat di motor korban lalu lelaki AR langsung mengambil dan membawa kabur sepeda motor korban”, ungkap La Ode Idris.

Tersangka sempat dipukul warga pada saat diamankan oleh petugas akibatnya mengalami luka berdarah di bagian jidad sebelah kanan.

Selain tersangka Timsus Polsek Rappocini juga berhasil mengamankan barang bukti berupa  satu unit sepeda motor Honda beat warna putih biru. Selanjutnya tersangka bersama barang bukti diamankan di mako Polsek Rappocini guna penyidikan lebih lanjut.

Ulah pelaku pencurian sepeda motor (curanmor) semakin merajalela. Bukan hanya ditempat sepi, para pelaku curanmor pun juga tak berpikir panjang berulah di lokasi yang penuh keramaian.

Bahkan, aksi pencurian kendaraan bermotor makin terbilang nekat melakukan aksi kejahatannya, meskipun di lokasi yang ramai, juga banyak terjadi seperti di areal parkiran.

Berikut ini tips-tips agar motor tidak bisa dicuri selain pengucian stang, dikutip dari helmpromosi.com :

  1. Pasang gembok. Motor bisa dipasang dengan pengaman tambahan berupa gembok. Gembok biasanya dipasang di jari-jari motor, rantai atau bisa juga di lubang piringan cakram. Meskipun tidak 100% menjamin keamanan motor, sedikit tidaknya gembok bisa memperlambat waktu si pencuri saat melakukan aksinya.
    Pilihlah gembok yang agak besar dan kuat. Jangan asal pilih, karena ada beberapa yang kualitasnya kurang baik sehingga bisa dengan mudah dirusak. Untuk lebih aman Anda bisa gunakan gembok yang ada alarmnya.
  2. Tambahkan Alarm. Alarm motor adalah pengaman tambahan yang bisa digunakan. Ada berbagai macam alarm yang bisa digunakan. Ada yang sensor getar dan ada juga yang pemicunya dari kunci kontak. Jika ingin yang lebih mudah dan tidak ribet, alarm sensor getar bisa jadi pilihan. Alarm hanya tinggal dipasang ke aki motor.
  3. Pasang kontak rahasia. Kontak rahasia ini bekerja apabila motor sudah dihidupkan atau akan dihidupkan. Motor tidak bisa bergerak apabila kontak rahasia tersebut belum dihidupkan. Penempatannya bisa di dalam jok motor atau tempat khusus yang sulit diketahui.
  4. Ikat motor dengan rantai. Ikat dengan rantai maksudnya adalah mengikat motor di benda seperti pohon atau tiang. Hal ini bertujuan agar motor tidak bisa diangkut oleh pencuri yang menggunakan mobil. Karena ada banyak kejadian motor diangkut dengan mobil oleh maling motor. Bisa mengunakan mobil box atau mobil minibus yang bisa dimasukan motor.
  5. Gunakan cover motor. Tujuan penggunaan cover motor adalah agar motor tidak menarik perhatian dari maling motor. Selain melindungi motor dari debu dan air hujan, kemungkinan motor menjadi incaran akan menjadi kecil. Pencuri motor biasanya selalu mengamati motor-motor yang sudah menjadi incaran mereka sebelum beraksi.
  6. Gunakan Tempat parkir terpercaya. Jangan terlalu percaya dengan parkir-parkir pinggir jalan. Jika Anda ingin memarkir motor dalam waktu yang lama, gunakan tempat parkir atau tempat penitipan motor yang aman meskipun berbayar. Selain aman, tempat parkir berbayar biasanya bisa bertanggung jawab apabila terjadi apa-apa dengan kendaraan Anda
  7. Pasang Tracker atau GPS. Pemasangan tracker di sepeda motor mungkin salah satu cara yang tergolong agak mahal. Kegunaannya adalah ketika motor dicuri anda bisa melacaknya melalui aplikasi hp atau komputer dengan memanfaatkan tracker GPS yang tertanam di motor. Usahakan untuk menempatkan di tempat yang sangat rahasia di motor anda agar tidak diketahui oleh maling motor.
  8. Melepas ban. Cara ini cocok bagi anda yang meninggalkan motor di  rumah/kos/kontrakan dalam waktu yang lama. Ada beberapa kasus motor yang disimpan di dalam rumah dicuri ketika pemiliknya sedang tidak ada di rumah. Cara ini bisa dilakukan apabila Anda bisa membuka dan memasang bannya sendiri.

Penulis : Sumarwan

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password