Meminalisir Kerugian Akibat Tanah Longsor, Bhabinkamtibmas Banjarharjo Kalibawang Kulonprogo Rutin Sambangi Lokasi Rawan Longsor

tribratanews.polri.go.id – PoldaDIY, Anggota Bhabinkamtibmas desa Banjarharjo, Kalibawang Kulonprogo rutin menyambangi warga yang terimbas akibat tebing longsor beberapa hari yang lalu. Rutinitas ini dilakukan untuk memberikan himbauan kepada warga setempat mengingat intensitas hujan masih tinggi dan kondisi tanah di pegunungan Menoreh tersebut rawan terjadi longsor susulan.

“Kondisi saat ini masih ada tiga rumah warga yang terancam longsor karena terdapat retakan di sekitarnya, beberapa warga telah diungsikan di tempat yang aman. Upaya preemtiv kepolisian saat ini memberikan himbauan meminimalisir kerugian akibat adanya longsor,” jelasnya, Senin (5/2/2018).

Seperti diberitakan sebelumnya, Longsot terjadi  sepanjang 500 meter di Pedukuhan Gerpule Banjarharjo, Kalibawang, Kulonprogo Sabtu (3/2/2018) yang lalu. Retakan tanah yang berbentuk tapal kuda ini amblas sedalam 25 meter dan beresiko kembali terjadinya longsor susulan. Retakan ini sebenarnya telah muncul sejak dua tahun lalu. Namun retakan tersebut mulai menunjukkan pergerakan yang signifikan sejak November tahun lalu (2017).

penulis : TimProDIY
editor : Alfian
publish : Jay

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password