Upaya Naik Status Polres Jayapura Kota Dikunjungi Tim Srena Polri

Tribratanews.polri.go.id. Polda Papua-Polres Jayapura Kota – Dalam rangka peningkatan tipe Polres menjadi Polresta, Tim kajian Birolemtala Srena Mabes Polri mendatangi Polres Jayapura Kota guna melakukan studi kelayakan mengenai usulan tipe Polresta. Senin (05/02/18).

Dalam kunjungan tersebut dipimpin langsung oleh Karo lemtala Srena Polri Bigjen Pol Drs. Sjamsul Sidiq, M.Hum sebagai ketua Tim dan didampingi Kabaglem Rolemtala Srena Polri, Kombes Pol Yasdan Rivai, Kasubag Monevlem Bagmonev Rolemtala AKBP Nurul Azizah, serta Karo Rena Polda Papua dan Irwasda Polda Papua.

Karo Lemtala Srena Polri mengungkapkan bahwa Indikator keberhasilan suatu polres maupun Polda, apabila dapat mampu merealisasi anggaran, pencapaian outputnya Pajak tanpa pengecualian harus optimal, serta Indeks tata kelola kepolisian akan menjadi salah satu indikator dan harus dijalankan dengan baik sehingga kedepan pemekaran kesatuan akan kita seimbangkan dengan pemekaran wilayah.

Dalam rangka peningkatan agar dikaji secara keseluruhan  baik anggaran maupun operasionalnya. Adapun peningkatan kriteria peningkatan kesatuan kewilayahan yakni Kebutuhan organisasi Polri untuk penyetaraan dengan pemerintah Provinsi Kabupaten atau kota dan atau Kecamatan serta Penyesuaian dengan Sistem Peradilan Pidana terpadu, Perkembangan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat cenderung meningkat.

Lanjut Karo Lemtala Srena Polri, selain itu tuntutan masyarakat terhadap pelayanan kepolisian semakin meningkat, Adanya dukungan dari pemerintah daerah dan masyarakat, Memenuhi kategori nilai yang ditentukan berdasarkan klasifikasi kesatuan kewilayahan yang akan dibentuk, serta Pertambahan jumlah penduduk serta adanya peningkatan aktivitas kegiatan masyarakat.

Sementara itu Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav Robby Urbinas mengungkapkan dari dinamika yang terjadi di Kota Jayapura, serta tuntutan akibat kemajuan pembangunan kota Jayapura dan setelah diterbitkan UU no 21 tahun 2001, maka dapat disimpulkan bahwa sudah saatnya polres Jayapura kota perlu dibentuk atau dikembangkan menjadi kesatuan polres kotamadya.

“Dengan meningkatnya urbanisasi ke kota Jayapura sehingga berimplikasi pada rawan kriminalitas, SDA dan SDM di wilkum Polres Jayapura Kota sangat prospektif untuk pembentukan polres menjadi Polresta agar menjawab kebutuhan masyarakat seiring dengan perkembangan situasi dan kondisi dimana kota Jayapura berada pada ibukota Provinsi,” Ungkap Kapolres.

Kapolres menambahkan perkembangan pembangunan dengan berbagai dimensinya, sehingga berimplikasi pada gangguan Kamtibmas maka saatnya harus diantisipasi sejak dini melalui peranan dan wewenang institusi diantaranya dengan pemekaran/ pengembangan Polres menjadi Polresta.

“Peningkatan tipe polres sangat menjadi impian kami sehingga penambahan personil sangat diperlukan mengingat untuk kemajuan kota Jayapura,” Harap Kapolres.

Penulis : J.Rumra/Subhan

Editor : Alfian Nur

Publish : Vickhy Merani

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password