Cek Kesiapan Pengamanan Pilkada Serentak, Kapolda Kunker ke Polres Bangli

Tribratanews.polri.go.id –Polda Bali – Untuk mengetahui kesiapan anggotanya dalam pengamanan Pilkada serentak tahun 2018, Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose didampingi Pejabat Utama Polda Bali melaksanakan kunjungan kerja ke Polres Bangli, Senin (5/2/2018).

WhatsApp Image 2018-02-05 at 18.17.54Kedatangan jenderal bintang dua di pundak ini disambut Kapolres Bangli, AKBP I Gusti Ngurah Agung Ade Panji Anom, S.I.K., M.A.P., Pejabat Utama Polres Bangli, Forkopimda Kabupaten Bangli, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama.

Pada kesempatan itu, Kapolda beserta rombongan juga menyaksikan peragaan penanganan pengamanan TPTKP (Tindakan Pertama Tempat Kejadian Perkara), demo judo dan beladiri Polwan Polres Bangli serta Tari Bali Gemilang. Selanjutnya Kapolda diarahkan menuju Lapangan Jagratara untuk memberikan arahan kepada 250 personel Polres Bangli.

Dalam arahannya, Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose memotivasi seluruh personel agar melaksanakan tugas dengan baik, tulus dan ikhlas serta prestasi terutama dalam memberikan pelayanan, perlindungan dan pengayoman kepada masyarakat. “Pimpinan akan menilai setiap apa yang kalian kerjakan. Jika berprestasi maka akan dipromosikan sesuai kemampuan yang kalian miliki,” ucapnya.

Terkait pengamanan Pilkada serentak, Kapolda menegaskan agar seluruh rangkaian Pilkada berjalan dengan aman dan damai. Untuk menghadapi Pilkada serentak khususnya di Provinsi Bali, Polda Bali menggelar Operasi Mantap Praja Agung 2018. Selain itu, Polri juga telah menetapkan strategi utama dalam menghadapi berbagai potensi kerawanan pada Pilkada.

Strategi itu dilaksanakan dengan pola proaktif preventif dan represif responsif. “Dengan strategi ini diharapkan dapat menciptakan situasi dan kondisi yang menyejukan (cooling system),” ujar Kapolda Bali.

Menurutnya, cipta kondisi pendekatannya lebih kepada proaktif preventif yang mengedepankan manajemen sosial, manajemen media dan kemitraan yang dilakukan oleh Fungsi Intelijen, Humas dan Binmas. Sedangkan pendekatan represif responsif dilakukan apabila terjadi pelanggaran pada pelaksanaan tahapan Pilkada. Semua laporan terlebih dahulu diterima di Panwaslu, selanjutnya akan ditangani oleh Sentra Gakkumdu terdiri dari Bawaslu, Polri dan Kejaksaan.

Usai memberikan arahan, Kapolda beserta rombongan meninjau kantor pelayanan publik Satuan Lalu Lintas serta meninjau Gedung Dojo Bersama Polres Bangli.

Penulis  : I Ketut Bina Wartawan

Editor    : Swanjaya

Publish  : I Putu Suwardhana.M

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password