Hadapi Kerawanan Pilkada 2018, Kapolres Trenggalek : Fokusnya adalah Solid dan Valid

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jatim – Polres Trenggalek – Menjelang Pilkada 2018, dinamika politik di Kabupaten Trenggalek cenderung meningkat. Masing-masing pasangan calon yang bertarung merebut kursi Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur telah beberapa kali berkunjung ke Kabupaten Trenggalek.  Demikian pula dengan para penyelenggara Pemilu, KPU dan Panwaslu telah melaksanakan tugas sesuai dengan tahapan dan Tupoksi masing-masing.

Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S, S.I.K., M.H. memandang langkah preemtif dan preventif perlu dilakukan. Dimulai dari informasi intelijen yang valid tentang gejala dan analisis potensi gangguan Kamtibmas yang dijadikan sebagai dasar dalam mengambil kebijakan pencegahan yang efektif.

Mendasari hal tersebut, AKBP Didit mengumpulkan seluruh anggota Intelijen keamanan jajarannya di rupatama Polres Trenggalek untuk menyamakan persepsi dan cara bertindak agar pola pengamanan Pilkada 2018 tetap on the track.

“Sengaja saya kumpulkan hari ini, agar ada persamaan mind set bagaimana sebagai anggota intelijen bertindak di lapangan” ucap AKBP Didit.

AKBP Didit mengungkapkan, tugas utama intelijen adalah melakukan penyelidikan, pengamanan dan penggalangan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis untuk mengetahui tingkat kerawanan yang mungkin terjadi. Oleh karenanya, ia meminta semua jajaran intelijen untuk bersama-sama bekerja keras agar kerawanan sekecil apapun bisa diantisipasi dengan baik.

“Kata kuncinya solid dan valid. Solid personelnya, valid informasinya” jelas AKBP Didit.

Lebih lanjut AKBP Didit mengungkapkan, dalam bekerja, personel intelijen tetap harus mengedepankan netralitas Polri. Seperti yang kerap disampaikan AKBP Didit kepada anggotanya, tidak diperkenankan bagi siapapun untuk dukung mendukung paslon.

“Tugas kita hanya menjaga Kamtibmas kondusif selama Pilkada 2018 ini” tegasnya.

Di akhir acara, AKBP Didit menyampaikan, diera milenial ini tak bisa lepas dari peran teknologi informasi. Polres Trenggalek telah membuat aplikasi sederhana berisi data-data lengkap terkait kondisi sosial politik yang tercantum dalam asta gatra.

“Setelah acara ini, silakan semua anggota menginput data base masing-masing wilayah. Jadi saat terjadi situasi kontijensi kita dapat memperkirakan apa yang harus dilakukan dan berapa perkuatan yang dibutuhkan” pungkasnya.

Penulis : Ady / Polres Trenggalek Jatim
Editor : Alfian Nurnas
Publish : Handoko / Polres Trenggalek Jatim

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password