Kunker di Luwu Utara, Ini Arahan Kapolda Sulsel kepada Prajurit TNI-Polri

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Usai melaksanakan kunjungan kerja di Kabupaten Luwu, Kapolda Sulsel Irjen Pol Umar Septono melanjutkan kunkernya di Kabupaten Luwu Utara. Tidak berlama lama Jenderal dua bintang ini kembali memberikan pengarahan kepada prajurit Polri dan TNI di Aula Polres Luwu Utara, Sabtu (03/02/18).

Didampingi Karo Ops dan Di Intel Polda Sulsel, Kapolda kembali mengingatkan kepada prajurit Polri dan TNI bahwa dinamika tugas kedepan akan semakin meningkat, oleh karena itu ia mengingatkan bahwa mulai sekarang kita harus berubah agar tidak terbawa arus jaman.

“Tugas polri semakin hari dinamikanya semakin tinggi, karena pengaruh lingkungan strategis, sehingga tantangan tugas kamtibmas (Keamanan, ketertiban masyarakat) semakin kompleks dimana jaman dulu tidak terjadi namun sekarang terjadi, intinya kita harus berubah,” ucap Kapolda.

Lebih lanjut Kapolda Umar mengingatkan bahwa kebijakan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian yaitu Promoter (Profesional, modern dan terpercaya) mengalami peningkatan kemampuan termasuk kerjasama dengan TNI dibantu perlatan dan IT sudah sangat modern.

Dengan semakin canggihnya teknologi informasi saat ini sangat memudahkan masyarakat dalam berbagai hal termasuk mudahnya berita hoax masuk ke tengah-tengah masyarakat yang bisa memecah bela persatuan yang telah dibangun, melihat fenomena ini Kapolda Sulsel mengajak seluruh prajurit Polri dan TNI agar menyampaikan kepada masyarakat jangan terlalu mudah menerima informasi sebelum di kroscek.

“Sampaikan kepada masyarakat jangan gampang menerima hoax, karena pelakunya bisa dijerat kurungan penjara, saat ini alat polri semakin canggih untuk mencari lebih dalam beberapa radius pelaku dimaksud yang sangat akurat,” pungkasnya.

Mantan Kapolda NTB ini kembali mengingatkan bagaimana pendekatan kepada masyarakat agar mudah diterima yaitu dengan pendekatan emosional, termasuk pendekatan spritual. “Bagaimana pekerjaan kita diterima oleh masyarakat melalui kecerdasan spritual dan emosional, konsep spritual baik maka emosional akan baik sehingga akan sabar, rendah hati mudah tersenyum, mudah memaafkan, mudah mensyukuri nikmat Allah ta’ala,” tuturnya.

Berusaha menyesuaikan diri dengan paradigma baru, kata Kapolda, agar diterima oleh masyarakat dengan melayani masyarakat yang memerlukan bantuan dengan ikhlas dan rendah hati. “Jika kita rendah hati akan ditinggikan derajatnya, yakinlah janji Allah itu benar,” ungkapnya.

Dihadapan hadirin Kapolda memberi tips agar bagaimana tugas TNI-Polri bisa diakui rakyat, “Masuklah dihatinya agar tugas kita bisa diterima, dengan selalu memberi contoh, mulai dari pimpinan tertinggi hingga bawahan,” pungkasnya.

Tips berikutnya, kata Kapolda adalah dengan meningkatkan ibadah kita maka dengan itu diharapkan implementasi di lapangan dengan sikap empati kepada rakyat sekecil apapun permasalahan masyarakat segera selesaikan, “Percayalah bahwa semua yang kita perbuat tidak luput dari pengawasan Allah ta’ala, tidak sehelai daun pun jatuh dibumi ini tanpa seizin dan kehendak-Nya.

Diakhir amanatnya, Kapolda menitipkan pesan kepada prajurit Polri dan TNI di Kabupaten Luwu Utara agar terus menjaga Sinergitasnya yang sudah baik, “Tolong dijaga dengan baik pilkada ini, semua harus turun di lapangan, salam sama keluarga, semoga pelaksanaan tugas kita mendapat ridho dari Allah yg maha kuasa,” tutupnya.

Acara dilanjutkan dengan sholat isya berjamaah dan makan malam bersama prajurit TNI dan Polri

Penulis : Marwan

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password