Tahap Rikmin Awal Seleksi SIPSS T.A. 2018, Polda Bali Libatkan Kopertis, Disdik dan Disdukcapil Provinsi Bali

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali, Usai melaksanakan pengambilan sumpah, pembacaan dan penandatanganan pakta integritas pada Jumat (2/2) kemarin, para peserta seleksi penerimaan SIPSS (Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana) T.A. 2018 mengikuti tahap Pemeriksaan Administrasi (Rikmin) Awal, bertempat di Ruang Rapat Biro SDM Polda Bali, Sabtu (3/2/2018).

Tahap ini diikuti sebanyak 10 orang peserta yaitu terdiri dari 7 Wanita dan 3 Pria dengan rincian, 1 orang Prodi S2 Psikologi, 6 orang Prodi S1 Psikolovi, 2 orang Prodi S1 Teknik Informatika dan 1 orang Prodi S1 Ilmu Komunikasi.

Kepala Bidang Keuangan (Kabidkeu) Polda Bali Kombes Pol. Teguh Slamet Karyono, S.H. selaku Ketua Tim Administrasi Seleksi Penerimaan SIPSS T.A. 2018 mengatakan, pemeriksaan administrasi awal ini dimaksudkan untuk memeriksa berkas-berkas pendaftaran yang telah dikumpulkan oleh peserta seleksi.

“Pada tahap ini kita periksa seluruh berkas yang menjadi persyaratan administrasi dalam seleksi penerimaan SIPSS T.A. 2018,” ungkap Kombes Pol. Teguh Slamet Karyono, S.H.

Adapun surat-surat yang diperiksa dalam Rikmin Awal ini yaitu bukti pendaftaran online, asli dan fotocopy KTP, KK, Akte Kelahiran, Ijasah Dikum mulai dari SD sampai Perguruan Tinggi beserta Transkip Nilai, Sertifikat Akreditas BAN-PT, SKCK dan Surat Keterangan Sehat. Surat-surat ini harus sudah dilegalisir.

Selain itu, Surat Pernyataan Tidak Melakukan KKN, Surat Permohonan Menjadi Anggota Polri, Surat Persetujuan Orang tua/Wali, Surat Pernyataan Belum Pernah Menikah, Surat Perjanjian Ikatan Dinas Pertama (IDP), Surat Pernyataan Tidak Terikat Perjanjian Ikatan Dinas, Surat Pernyataan Orang tua/Wali, Riwayat Hidup dan Pas Photo juga diperiksa dalam tahap ini.

Proses rekrutmen dan seleksi penerimaan SIPSS ini mengacu pada prinsip BETAH (Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis) serta Clean and Clear. Untuk itu, selain melibatkan Panitia Internal, Polda Bali juga bekerjasama dengan instansi terkait seperti Kopertis, Dinas Pendidikan (Disdik) serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Bali.

“Pengawas internal dan external juga dilibatkan dalam tahapan ini untuk mengawasi pemeriksaan. Ini merupakan upaya Polri dalam mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang Promoter (Profesional, Modern dan Terpercaya) serta unggul dan kompetitif,” imbuhnya.

Penulis : Komang Arya

Editor   : Swanjaya

Publish : Adhitya Yoga

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password