Perang Narkoba di Tolitoli: Kembali Polisi Operasi Cap Tikus di Dondo

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulteng, Tolitoli. Pemberantasan minuman keras jenis cap tikus tak berhenti setelah dibongkarnya beberapa tempat penyulingan Cap Tikus di Kecamatan Dondo, Lampasio, dan Ogodeide, kali ini Polsek Dondo kembali melalukan penutupan tempat penyulingan di Desa Jonging, Kecamatan Dondo, Sabtu, (3/2/2018).

IMG-20180203-WA0009

“Dalam giat tersebut dimusnahkan 2 buah penyulingan yang masih beroperasi,” kata Kapolsek Dondo, Iptu Paulus Samma.

Kedua produsen cap tikus tersebut adalah Sakka, (50) dengan barang bukti 35 liter cap tikus dan Samuel, (37) dengan barang bukti 20 liter saguer.

“Kepada ke 2 orang pengolah cap tikus telah dihimbau agar hasil air saguer jangan lagi buat cap tikus, tetapi dibuat gula aren saja, dan Kepala Desa Anggasan akan membantu berupa modal awal dari sumber ADD dan DD untuk mengolah gula aren,” ungkap Iptu Paulus.

“Menurut informasih dari masyarakat Dusun Jonging, bahwa yang mengolah cap tikus ada 10 orang, tetapi setelah ada kejadian pembunuhan di Dusun Kubir akibat pengaruh miras dan sering dihimbau oleh Bhabinkamtibmas Desa Anggasan, maka mereka dengan kesadaran sendiri sudah berhenti memproduksi,” imbuhnya.

Tak hanya berhenti memproduksi, mereka juga membongkar sendiri tempat penyulingan mereka.

Kapolres Tolitoli AKBP M. Iqbal Alqudusy SH SIK terkait dengan kebijakannya memberantas cap tikus di Tolitoli mengatakan bahwa operasi ini adalah upaya represif terhadap peredaran narkoba di Tolitoli.

“Operasi ini adalah upaya represif terhadap peredaran narkoba di Tolitoli, selain itu Polri juga Melakukan upaya preventif dengan terus menerus melakukan sosialisasi bahaya narkoba di komunitas – komunitas yang rentan.”

“Pembinaan dengan melibatkan Instansi terkait pendampingan merubah pola pembuatan cap tikus menjadi gula merah semua itu terlaksana tentunya secara internal, Polri harus bersih dahulu,” jelas AKBP Iqbal.

“Dan Alhamdulillah Selama 1 tahun terakhir. kasus narkoba, miras dikalangan Polres Tolitoli dapat menurun drastis dan bahkan 100 persen anggota Polrea Tolitoli tidak ada yang terlibat narkoba,” pungkasnya.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password