Kunjungan Kerja di Kota Tegal, Menteri KP Awasi Langsung Pendataan dan Verifikasi Kapal Cantrang

Tribratanews.polri.go.id, Polda Jateng – Dalam kunjungan kerja di wilayah Kota Tegal, Jawa Tengah, Menteri Kelautan dan Perikanan Dr. HC Susi Pudjiastuti melakukan pengawasan secara langsung proses pendataan dan verifikasi kapal cantrang di Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Jongor Tegalsari , Jumat (02/02/2018)

Pendataan, verifikasi dan validasi ini bertujuan untuk mengetahui jumlah serta ukuran kapal dengan alat tangkap yang dilarang atau tidak ramah lingkungan seperti cantrang dan sejenisnya yang dimilki oleh para nelayan dan pelaku usaha yang digunakan untuk berlayar. Harapanya, dengan verifikasi itu bisa segera dilakukan penyelesaian pengalihan alat tangkap yang dilarang menjadi ramah lingkungan.

Menteri Kelautan dan Perikanan mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk tidak lanjut kesepakatan dari pertemuan antara perwakilan nelayan dengan presiden di Istana Presiden dua pekan lalu. Diingatkan kembali bahwa telah disepakati penggunaan alat tangkap cantrang tetap beroperasi hingga pengalihan alat tangkap nelayan selesai.

“Dalam pertemuan tersebut juga disepakati pemerintah memberikan perpanjangan waktu kepada kapal cantrang untuk tetap melaut dengan kondisi tidak ada penambahan kapal cantrang. Kapal yang berlayar juga harus diukur ulang dan hanya berlayar di Pantai Utara Pulau Jawa,” terangnya dalam kunjungan tersebut.

Pemerintah sendiri telah membentuk tim khusus penyelesaian peralihan alat tangkap ikan yang dilarang ini terdiri dari berbagai unsur yakni Satgas 115, Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap (DJPT KKP), Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (DJPSDKP KKP) dan kepala daerah setempat. Tim khusus tersebut dikepalai Laksamana Madya TNI (Purn) Widodo.

IMG-20180202-WA0086Sebelumnya mengawali kunjungan kerja di Kota Tegal ini, Menteri Kelautan dan Perikanan Dr. HC Susi Pudjiastuti menyempatkan berolahraga pagi bersepeda bersama didampingi Kapolres Tegal Kota AKBP Jon Wesly Arianto,SIK bersama Dandim 0712/Tegal Letkol Kav Kristiyanto, S.Sos beserta  jajaranya.

Usai berkeliling, Menteri KP bersama rombongan selanjutnya menuju Objek Wisata Pantai Alam Indah Kota Tegal. Dalam kesempatan tersebut Ibu Menteri menyempatkan menikmati suasana pantai, bahkan bermain menggunakan paddleboarding menuju ke tengah lautan sekitar 1,5 mil dari bibir pantai.

Sementara pihak kepolisian menerjunkan ratusan personel gabungan yang terdiri dari personel Polres Tegal Kota di backup Brimod Polda Jateng berikut unsur TNI dari Kodim 0712/Tegal dan Lanal Kota Tegal. untuk mengamankan  kegiatan kunjungan kerja Menteri Kelautan dan Perikanan secara ketat selama di wilayah Kota Tegal.

Penulis : Humas Polres Tegal Kota
Editor : Alfian
Publish : Kurnia

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password