Satgas Terpadu Kesehatan Polda Papua, Polair Prioritaskan Pergeseran Pasien, Tim Medis dan Logistik

Tribratanews.polri.go.id Polda Papua – Kasus gizi buruk dan campak di kabupaten Asmat, Papua, menjadi perhatian pemerintah, hanya saja pemberian bantuan terkendala sulitnya medan, sehingga petugas pun tidak mudah untuk menembus daerah-daerah yang terkena kasus gizi buruk dan campak.

Yang menjadi kendala utama adalah kondisi geografis kab Asmat yang merupakan pedalaman dan melewati hutan belantara yang berada di tengah rawa. Akses ke sana hanya bisa dilalui dengan transportasi air.

Kepolisian Perairan Polda Papua sangat berperan dalam menangani tragedi kemanusiaan di Kabupaten Asmat. Kapal – Kapal yang dimiliki Kepolisian Perairan Polda Papua lebih diprioritaskan untuk membantu pergeseran personil, baik dari Polri maupun dari para medis Serta logistic yang dikirim ke kampung-kampung yang terkena gizi buruk dan campak di Asmat.

Kapolda Papua Irjen pol Boy Rafly Amar juga membentuk Satuan Tugas Terpadu Kesehatan Polda Papua guna membantu Proses evakuasi pasien dan pensistribusian bantuan ke daerah-daerah yang terkena dampak.

Peran Polisi Perairan dalam Satgas Terpadu Kesehatan Polda Papua di Asmat--

Selain menyiapkan Kapal, Direktorat Polair juga menyiapkan posko bantuan untuk asmat yang ditempatkan di Markas Sat Polair Polres MImika. Posko ini menampung bantuan dari Polres-polres Jajaran Polda Papua dan instansi serta lembaga lain yang ikut membantu dengan slogan “Peduli Asmat”.

Direktur Polair Polda Papua Kombes Pol Yulius Bambang selalu berada di lapangan, bahkan ikut langsung mendampingi personilnya yang mengevakuasi pasien, personil polri, bhayangkari, lembaga-lembaga lain serta logistik.

“Rencananya, kami juga akan menambah 2 unit kapal lagi tipe C3 ke Asmat untuk digunakan dalam kegiatan operasional Polres Asmat agar pelayanan kepada masyarakat lebih maksimal,” tutup Kombespol Yulius Bambang.

Penulis: Sosra Papua

Editor: Alfian Nur

Publisher: Rei

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password