Rumah Warga di Balangan Terbakar, Penyebabnya Sepele namun Fatal

Tribratanews.polri.go.id, Polres Balangan – Musibah menimpa warga Kalahiyang bapak Syamsudin, dengan terbakarnya rumah miliknya, Kamis (1/2/2018) pada jam 13.20 wita.

Namun api tak lama langsung dikuasai oleh pemadam yang sampai dilokasi yang terdiri dari BPBD Balangan, BPK Asgud, BPK Lampihon, BPK Ulin, BPK Komplik 25, dan BPK Rahmat Lampihong‬.

Kapolsek Paringin Iptu Cahyo Budi Widodo membenarkan kejadian kebakaran yang menimpa warga desa Kalahiyang tersebut.

Satu buah rumah yang dihuni delapan jiwa terdiri dari empat laki-laki dan empat perempuan tersebut mengalami kebakaran di bagian dapur.

“Tak ada korban jiwa, 40 persen bangunan yang terbakar yakni belakang rumah korban,” ujarnya.

Penyebab kejadian ini berawal pada saat istri pemilik rumah, Zakiyah menggoreng ikan dengan kayu bakar, selesai memasak, Zakiyah mematikan Api pada tungku ttersebut dengan cara menggesekan kayu api sehingga apinya mati, tetapi bara api masih ada di kayu bakar.

Setelah itu Zakiyah meninggalkan rumah menuju ke rumah anaknya yang berjarak sekitar 20 meter. kemudian sekira jam 12.50 Wita, Toni melihat ada api yang sudah membesar berasal dari dapur rumah korban, selanjutnya Toni meminta bantuan warga untuk memadamkan api dan sebagian warga mengeluarkan barang dari dalam rumah.

Kemudian api dapat dipadamkan oleh warga sekitar jam 13.30 Wita dibantu dengan pemadam kebakaran yang datang kelokasi, atas kejadian tersebut korban mngalami kerugian sekitar Rp.10.000.000,-.

Kapolsek Paringin yang datang kelokasi beserta personelnya langsung melakukan pengumpulan data dan mengimbau kepada masyarakat agar lebih berhati-hati terutama saat memasak didapur, jangan sekali-kali meninggalkan dapur ketika memasak.

“Cek dan ricek setelah memasak pastikan api sudah tak menyala lagi didapur, baik kompor gas maupun kayu bakar, semoga kejadian tak terulang lagi,” ucapnya.

Penulis : Lois Adi
Editor   : Alfian
Publish : Lois Adi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password