POLSANE Sebagai Program Unggulan Ditpolair Polda Kep. Babel Guna Menciptakan Situasi Perairan Yang Kondusif

Tribratanews.polri.go.id – Bidhumas Polda Kepulauan Bangka Belitung.

Direktorat Polair Polda Kep. Babel memiliki program unggulan yaitu POLSANE (Polair Sahabat Nelayan) dimana dalam program ini merupakan upaya untuk dapat meminimalisasi tindak kejahatan di perairan.

Dir Polairda Kep.Babel Kombes Lukas Gunawan S.i.k kepada Tim Media Tribratanewsbabel Jumat (20/1/2017) menyampaikan bahwa salah satu terobosan kreatif yang menjadi program unggulan Ditpolair Polda Kep. Babel yaitu POLSANE, yang mana program ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat di perairan dapat melaporkan informasi terkait tindak pidana di perairan.
program Polsane ini juga dilengkapi dengan posko pengaduan/ pelayanan dengan nomor call center 085378271111 yang berada di mako Ditpolair, masyarakat nelayan atau pengguna jasa di perairan dapat menginformasikan setiap kejadian yang ada di perairan terkait tindak pidana maupun laka laut. Setiap informasi / permasalahan yang didapat /diterima posko langsung diinformasikan ke setiap kapal” patroli milik Dit Polair yang tersebar di seluruh wilayah Kepulauan Bangka belitung, sehingga dapat di tindak lanjuti segera, kemudian untuk mendukung program polsane tersebut, Direktur Polair membentuk suatu komunitas di perairan atau disingkat BHAKOM Petairan(Bhayangkara Komunitas Perairan) yang mana sekarang ini sudah terbentuk 5 Rayon yang tersebar di wilayah Bangka yaitu Rayon A ditugaskan Bripka Wardiansyah,S.H yg mempunyai wilayah di Pangkalpinang, Rayon B Ditugaskan brigpol Rizal Hamdi mempunyai wilayah tugas di Sungaiselan, Rayon C brigpol Roja Firdaus yang mempunyai wilayah tugas di Sungailiat sampai Tj.Tuing, Rayon D ditugaskan brigpol Aidil fikri yang mempunyai wilayah tugas di Batu belubang, tanjung gunung dan Tanah merah, dan terakhir rayon E Brigpol Ashobah Efriansyah yang mempunyai wilayah tugas di air itam, sampur dan temberan. Dari petugas Bhakom perairan diharapkan dapat membina masyarakat di Perairan untuk dapat bersama” menjaga Harkamtibas di perairan sehingga dapat mempersempit ruang gerak pelaku kejahatan yang beroperasi di wilayah perairan. Selain itu, petugas bhakom perairan juga melaksanakan sambang ke kelompok “nelayan atau instansi terkait yang ada di wilayah perairan yang menjadi wilayah tanggung jawabnya, sehingga dari kelompok nelayan bisa memberikan informasi2 ke petugas bhakom atau pun langsung sms ke nomor call center polsane. Dengan adanya kerjasama ini diharapkan kedepannya situasi kamtibmas di wilayah perairan Kepulauan Bangka belitung aman dan kemitraan antar kelompok nelayan dan masyarakat pesisir dengan Polair bisa terjalin guna mendukung percepatan program grand strategi polri (Patnership Building) dan semoga dengan program ini masyarakat makin percaya kepada polri untuk selalu membenah diri sebagai pengemban tugas harkamtibmas menuju polri yang promoter, ungkap Dirpolair.
PhotoGrid_1484907872107-320x320

PhotoGrid_1484907838425-320x320

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password