Program “Ngopim@s” (Bagian 3) : Dialog Interaktif Kapolres Trenggalek Dengan Warga Kecamatan Munjungan

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Program Ngopim@s masih berlanjut. Kali ini giliran wilayah Kecamatan Munjungan yang menjadi sasaran kunjungan Kapolres Trenggalek, AKBP Donny Adityawarman, S.I.K. M.Si. Program yang merupakan media diskusi antara Polisi dengan masyarakat ini digagas sebagai jembatan untuk menampung segala aspirasi masyarakat.

Dengan Ngopim@s, Donny bisa mengetahui secara langsung kondisi masyarakat di wilayahnya. Tak hanya berdialog tapi berinteraksi dua arah sehingga apa yang diharapkan masyarakat dapat diaplikasikan secara maksimal melalui berbagai pelayanan yang ada di Kepolisian.

(Baca juga : “Ngopim@s” (Bagian 1) : Kunjungan Perdana Kapolres Trenggalek Di Kecamatan Bendungan)

Donny tampak sangat menikmati rute menuju Kecamatan Munjungan yang dikenal memiliki medan cukup ekstrim ini. Pesona keindahan alam di kanan kiri seolah mampu menghilangkan penat dan kengerian medan yang penuh tanjakan dan tikungan tajam.

“Subhanallah, potensi alam di Trenggalek ini luar biasa,” ujar Donny disela-sela perjalanan.

Setelah perjalanan kurang lebih satu jam, rombongan Kapolres didampingi pejabat utama ini pun tiba di rumah Suyono, seorang tokoh masyarakat di Munjungan yang digunakan sebagai lokasi acara Ngopim@s. Hadir dalam kesempatan tersebut Muspika, 3 Pilar dan tokoh masyarakat se-Kecamatan Munjungan.

Dalam sambutannya Donny menyampaikan terima kasih atas kehadiran para tokoh masyarakat dan unsur 3 Pilar serta meminta agar kerjasama yang sudah terjalin harmonis di Kecamatan Munjungan lebih ditingkatkan.

“Apresiasi perlu saya sampaikan kepada 3 Pilar atas peran aktifnya membangun Kamtibmas kondusif di Munjungan,” ujar Donny.

(Baca juga : “Ngopim@s” (Bagian 2) : Obrolan Seru Saat Singgah Di Kecamatan Suruh Dan Pule)

Saat sesi tanya jawab, salah satu Kades yang hadir meminta agar peredaran Narkoba di Munjungan disikapi dengan tegas, serta perlunya sinergitas Pemdes dengan Muspika guna mengawal dana desa dan ADD. Menanggapi hal tersebut Kapolres enerjik ini menyatakan bahwa Polres Trenggalek telah berkomitmen untuk memberantas Narkoba dan Miras.

“Warga harus kepo (Knowing Every Particular Object / pengen tau segala hal) terkait situasi di lingkungannya. Laporkan kepada 3 Pilar atau Polsek. Tentang pengelolaan dana desa harus  dikelola dengan baik jangan sampai ada pelangaran. Nantinya Polres akan bentuk tim asistensi yang terdiri dari dinas terkait, Polres, Kodim, Kejaksaan dan Inspektorat,” jelas Donny.

Selain itu, salah satu peserta juga mengusulkan agar ada Pos Polisi di wilayah barat meliputi Desa Ngulungwetan, Ngulungkulon dan Sono.

“Tipe Polsek Munjungan masih Rural, jadi belum memungkinkan didirikan Pospol. Namun demikian usulan tersebut akan kami kaji terlebih dahulu. Oleh sebab itu optimalkan peran anggota yang ada serta sinergitas 3 Pilar,” ujar perwira dengan dua melati dipundak ini.

Usai acara, Donny beserta rombongan menyempatkan diri salat Jumat di masjid At Taqwa Kecamatan Munjungan. Donny juga berkesempatan memperkenalkan diri dan menyampaikan pesan Kamtibmas dihadapan jamaah.

Kapolres Trenggalek saat menyampaikan pesan Kamtibmas di hadapan seluruh jamaah salat Jumat
Kapolres Trenggalek saat menyampaikan pesan Kamtibmas di hadapan seluruh jamaah salat Jumat

“Indonesia saat ini diguncang dengan perang politik dicampur dengan masalah agama, tetapi ulama Indonesia dalam hal ini umat Islam sepakat bahwa Indonesia berdasar pada Pancasila yang mengakui adanya perbedaan. Dengan bantuan ulama, Kamtibmas kondusif dapat tercipta,” tandas Donny.

Sikap low profile juga ditunjukkan Donny ketika berinteraksi dengan masyarakat diserambi masjid. Kesan sebagai orang nomor satu di jajaran Polres Trenggalek yang kaku dengan segala protokolernya seolah lenyap berganti dengan sosok Donny sebagai sesama masyarakat biasa.

Sikap low profile juga ditunjukkan Donny ketika berinteraksi dengan masyarakat diserambi masjid
Sikap low profile juga ditunjukkan Donny ketika berinteraksi dengan masyarakat diserambi masjid

Sebagai penutup acara, dilaksanakan ramah tamah di Mapolsek Munjungan dengan diiringi musik campursari dari grup musik lokal Kecamatan Munjungan.

Penulis : Ady
Editor : Handoko
Publish : Handoko

Admin Polri56290 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password