Personil Polres Klungkung dilatih 12 gerakan pengaturan lalulintas

http://tribratanews.polri.go.id Polda Bali
Untuk menumbuhkan profesionalisme dalam pelaksanaan tugas sebagai Anggota Polri, dibidang pengaturan lalu lintas pada saat turba pagi, siang maupun malam hari, Personil Polres Klungkung dilatih 12 gerakan pengaturan lalu lintas, bertempat dihalaman depan Mapolres Klungkung, Kamis, 19/1/2017.
Disamping itu juga untuk menumbuhkan rasa aman dan nyaman bagi masyarakkat pengguna jalan di Kabupaten Klungkung.
Latihan dipandu Anggota sat Lantas Polres Klungkung Bripka Ni Wayan Intari, diikuti oleh Kapolres Klungkung AKBP FX. Arendra Wahyudi, SiK. Waka Polres Kompol. Nengah sadiarta, SH.SiK, para Kabag, Kasaat dan seluruh personil peserta apel siang.
Latihan ini dimaksudkan untuk mengingat kermbali gerakan pengaturan lalu lintas yang benar dan sesuai dengan petunjuk, supaya bisa dimengerti dan dipraktekkan dilapangan dalam pengaturan lalu lintas.
12 gerakan pengaturan lalu lintas yang dilakukan petugas Kepolisian ini diharapkan juga bisa dipahami dan dimegerti oleh masyarakat pengguna jalan supaya tidak terjadi salah penafsiran yang bisa berakibat fatal yaitu terjadinya kecelakaan lalu lintas.
12 gerakan pengaturan lalu lintas :
1. Menghentikan arus dari segala arah, petugas mengangkat tangan tegak lurus disertai satu kali tiupan peluit panjang.
2. menghentikan arus dari arah depan petugas, petugas merentangkan tangan kanan disertai satu kali tiupan peluit panjang , maka kendaraan dari arah depan petugas harus berhenti.
3. Menghentikan arus kendaraan dari arah belakang, Petugas merentangkan tangan kiri disertai sati kali tiupan peluit panjang, maka kendaraan dari arah belakang petugas harus berhenti.
4. Menghentikan arus kerndaraan dari arah depan dan belakang, petugas merentangkan tangan kanan kiri disertai satu kali tiupan peluit yang panjang, maka kendaraan dari arah belakang dan depan petugas harus berhenti.
5. Menghentikan arus kendaraan dari arah tertentu, Petugas mengangkat telapak tangan kearah yang dituju disertai satu kali tiupan peluit panjang, maka kendaraan yang menghadap / melihat telapak tangan petugas harus berhenti.
6. Menjalankan kendaraan dari arah kanan Petugas merentangkan tangannya kanannya kemudian menarik/menekuk sikunya kearah dada disertai tiupan peluit pendek dua kali maka kendaraan dari arah kanan petugas dipersilahkan jalan.
7. Menjalankan arus kendaraan dari arah kiri Petugas merentangkan tangannya kirinya kemudian menarik/menekuk sikunya kearah dada disertai tiupan peluit pendek dua kali maka kendaraan dari arah kiri petugas dipersilahkan jalan.
8. Menjalankan arus kendaraan dari arah kanan dan kiri, Petugas merentangkan kedua tangannya kemudian menarik/menekuk sikunya kearah dada disertai tiupan peluit pendek dua kali, maka kendaraan dari arah kanan dan kiri petugas dipersilahkan jalan.
9. Mempercepat arus kendaraan dari arah kanan, Petugas mengayunkan tangan kanannya dari 45 derajat ke arah depan dada secara berulang-ulang disertai tiupan peluit pendek tiga kali, maka kendaraan dari arah kanan petugas harus menambah kecepatan laju kendaraannya.
10. Mempercepat arus kendaraan dari arah kiri, Petugas mengayunkan tangan kirinya dari 45 derajat ke arah depan dada secara berulang-ulang disertai tiupan peluit pendek tiga kali maka kendaraan dari arah kiri petugas harus menambah kecepatan laju kendaraannya.
11. Memperlambat arus kendaraan dari arah depan Petugas mengayunkan tangan kanannya dari 90 derajat ke 45 derajat secara berulang-ulang disertai tiupan peluit pendek tiga kali maka kendaraan dari arah depan petugas harus mengurangi kecepatan laju kendaraannya.
12. Memperlambat arus kendaraan dari arah belakang, Petugas mengayunkan tangan kirinya dari 90 derajat ke 45 derajat secara berulang-ulang disertai tiupan peluit pendek tiga kali, maka kendaraan dari arah belakang petugas harus mengurangi kecepatan laju kendaraannya
(Sarjana Humas res klungkung)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password