Pimpinan Penipuan Biro Umrah Ditangkap Petugas Polrestabes Semarang

Kepolisian Resor Kota Besar Semarang, Polda Jawa Tengah berhasil menangkap pimpinan biro perjalanan haji dan umrah Raihlah Alatas Wisata (RAW) yang berkantor Pedurungan setelah diburu polisi selama sekitar 2 bulan. Pria tersebut ditangkap Unit Resmob Polrestabes Semarang di apartemen Taman Sari Jalan Soekarno Hatta, Bandung, pada Senin (16/1) sekitar pukul 01.00 WIB. Dalam penangkapan yang dipimpin oleh Kasubnit I Resmob Aiptu Janadi, petugas menyita barang bukti berupa bukti setoran pendaftaran umrah dan haji, laptop, sejumlah buku tabungan, dan kartu ATM serta uang tunai Rp 30 juta.

Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Abioso Seno Aji SIK mengatakan, penindakan itu didasarkan laporan masyarakat baik dari Semarang maupun luar Semarang terkait tindak penipuam berkedok biro jasa yantg dipimpin Eko Agung Raharjo (39). “Dari laporan tersebut kemudian kami tindak lanjuti. Total ada 141 orang yang menjadi calon jamaah umrah dan 3 calon jamaah haji yang melapor,” ungkapnya saat gelar perkara di Mapolrestabes Semarang, Rabu, (18/1) siang.

Praktik penipuan tersebut dijalankan dengan sistem tambal sulam. Yakni, uang jamaah yang pertama masuk digunakan untuk kepentingan pribadi dan uang tersebut akan ditutup dengan uang jamaah yang masuk sesudahnya, begitu seterusnya. Kerugian total ada Rp 3.293.150.000.  Namun tersangka mengaku, sebelum ini dia sudah sempat memberangkatkan jamaah.

 

[Humas Restabes Semarang]

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password