Melawan saat Ditangkap, Pelaku Curat Dihadiahi Lima Timah Panas

Tribratanews.polri.go.id –Polda Bali – Donal Firmansyah (37) alias Riyan ditangkap Tim Gabungan Unit II Jatanras Subdit III Ditreskrimum Polda Bali dan Reskrim Polsek Sidemen di Hotel Wisata Indah, Jalan Sidakarya, Denpasar, Minggu (28/1/2018) sekitar pukul 01.00 Wita.

WhatsApp Image 2018-01-30 at 21.33.12Donal adalah pelaku pencurian senjata api milik polisi yang bertugas di Ditreskrimum Polda Bali, Aipda KJ (39) yang terjadi pada 8 Desember 2017. Penangkapan ini berawal dari pengembangan kasus curat yang terjadi di wilayah Sidemen, Karangasem. Dimana, satu orang pelaku bernama Kadek Agus Yuda Arta (20) ditangkap dan diperiksa Buser Reskrim Polsek Sidemen. Dari hasil interogasi, pelaku lain mengarah ke tersangka Donal sehingga dilakukan pengembangan.

“Sejak Sabtu Donal dibuntuti oleh anggota, sampai akhirnya kami mengetahui keberadaannya. Pembuntutan yang dilakukan polisi, membuat Donal merasa terganggu. Tepat di hotelnya menginap, Donal sempat memarahi petugas yang membuntutinya,” ucap Wadir Reserse Kriminal Umum Polda Bali, AKBP Sugeng Sudarso, S.H., S.I.K., M.M. didampingi Kasubbid Penmas Bid Humas Polda Bali, AKBP Ni Made Ayu Kusumadewi, S.H. di Polda Bali, Selasa (30/1).

Mantan Kapolres Karangasem ini menjelaskan bahwa saat akan ditangkap, pelaku melarikan diri dengan meloncati pagar taman hotel. Kemudian pria asal Pekanbaru, Riau ini terjatuh dan melepaskan tembakan ke arah petugas. “Tembakannya tak mengenai anggota,” tuturnya.

Ia pun kembali bangkit dan kembali akan menembak, namun tim gabungan dengan sigap melumpuhkan tersangka dengan melepaskan tembakan. Pelaku kemudian diberondong timah panas yang mengenai kedua kakinya setelah berusaha kembali melawan. “Ada lima tembakan, empat di kaki dan satu di tangan,” bebernya.

Perwira lulusan Akpol tahun 1996 ini mengatakan, senpi yang digunakan pelaku adalah jenis revolver kaliber 38 yang identik dengan pistol milik salah seorang anggota Ditreskrimum Polda Bali, Aipda KJ yang hilang di rumah orang tua angkatnya di Jalan Tukad Balian, Denpasar. “Ini masih didalami dari mana dapat senpi milik anggota itu. Tapi di CCTV rumah anggota ada orang yang mirip pelaku masuk ke rumah,” ujarnya.

Diterangkannya, Donal dan Agus berkenalan di Lapas Karangasem. Setelah keluar dari penjara, mereka berdua memulai bekerjasama dalam melancarkan sejumlah aksi kejahatan. Dalam kasus curat di Sidemen, Karangasem beberapa waktu lalu, Donal sempat menembakan peluru ke udara untuk menakut-nakuti korban. “TKP yang di Karangasem itu, dia (Donal) mengaku sebagai polisi. Ia Menggeledah rumah korban dan membawa barang serta brankas milik korban,” terangnya.

Perwira melati dua di pundak ini menambahkan saat ditangkap, Donal sedang sakau sehingga nekat melawan polisi. “Di kamar hotel yang ditempatinya, polisi menemukan narkoba jenis sabu seberat 0,5 gram, bong dan satu butir ekstasi sisa pemakaian pelaku. Dia kecanduan narkotika,” ungkapnya.

Penulis  : I Ketut Bina Wartawan

Editor    : Swanjaya

Publish  : I Putu Suwardhana.M

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password