Sat Lantas Polres Bogor Sosialisasikan Decade Of Action Lewat Film Pendek

Tribratanews.polri.go.id – Polres Bogor Kecelakaan lalu lintas (laka lantas) pada jenis kendaraan roda dua masih sangat tinggi. Sedangkan korbannya, mayoritas usia produktif, kalangan remaja, anak di bawah umur, dan pelajar.

Sementara itu, faktor penyebab laka lantas masih didominasi akibat masih rendahnya tingkat kesadaran pengendara untuk tertib berlalu lintas dan memperhatikan keselamatan dalam berkendara.

Jenis-jenis pelanggaran yang kerap dilakukan oleh pengendara di antaranya tidak memakai helm, berkendara dalam keadaan mabuk, ugal-ugalan atau berkecepatan tinggi, menggunakan handphone saat berkendara, melawan arus, child restrain atau tidak menempatkan anak pada posisi yang semestinya, dan tidak mengenakan seat belt bagi sopir dan penumpang kendaraan roda empat.

Kepala Unit Laka Lantas Polres Bogor, Iptu Asep Saepudin, mengatakan, pengendara yang berperilaku buruk tidak mengindahkan keselamatan berkendara di jalanan masih banyak ditemui petugas. “Yang berperilaku seperti itu masih banyak. Setiap kecelakaan lalu lintas pasti diawali dari pelanggaran berlalu lintas. Makanya kami menekankan kepada para orangtua agar melarang keras kepada anaknya yang masih di bawah umur menggunakan kendaraan sepeda motor karena rentan menjadi tersangka atau korban kecelakaan lalu lintas,” ungkapnya.

Mengingat masih banyaknya jumlah laka lantas dan kalangan remaja serta anak sekolah yang melanggar tertib berlalu lintas, Unit Laka Lantas Polres Bogor tak lantas bersikap pasif dengan kondisi yang ada. Belakangan, bahkan Unit Laka Lantas Polres Bogor membuat film berdurasi pendek tentang contoh perilaku berkendara yang tidak aman berikut penyebab-penyebabnya yang menimbulkan laka lantas.

Film berdurasi sekitar 2 menit 20 detik ini disutradarai oleh Kanit Laka Lantas Polres Bogor Iptu Asep Saepudin ini baru rampung dan belum banyak disebar ke jejaring sosial. “Kami membuat film pendek ini bekerjasama dengan rekanan. Film ini memang belum maksimal tapi saya berharap ini sebagai bagian dari sosialisasi dan himbauan kepada masyarakat khususnya generasi muda untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas di wilayah Kabupaten Bogor. Kami juga berencana melakukan sosialisasi termasuk menyebarkan film pendek ini ke sekolah-sekolah melalui Unit Dikyasa,” paparnya.

Warganet yang ingin melihat film pendek karya Unit Laka Lantas Polres Bogor bisa mengklik link berikut ini:

https://youtu.be/W4uJcXVgxNs

Penulis : Tim

Editor : Alfian

Publish : Tim

Admin Polri54172 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password