Tim Pamatwil Mabes Polri Tinjau Kesiapan Polda Bali Amankan Pilkada Serentak 2018

Tribratanews.polri.go.id –Polda Bali – Kedatangan Tim Pamatwil (Perwira Pengamat Wilayah) Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia  untuk Polda Bali  yang dipimpin Irjen Pol. Drs. Ketut Untung Yoga Ana, S.H., M.H., disambut Wakapolda Bali Brigjen Pol. Drs. I Gede Alit Widana, S.H., M.Si bersama para pejabat utama dan para pejabat Operasi Mantap Praja Agung 2018 Polda Bali  di ruang  rapat Diviacita  lantai 2 Markas Kepolisian Daerah ( Mapolda ) Bali dalam rangka melakukan Supervisi dan asistensi  kesiapan pengamanan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Bali serta Bupati dan Wakil Bupati  Gianyar dan Klungkung. Selasa, 30/1/2018.

WhatsApp Image 2018-01-30 at 16.49.09Tim yang terdiri dari 6 personel  polri  dua diantaranya  perwita tinggi dan 4  perwira menengah ini bermaksud guna meninjau langsung kesiapan Satwil Polri  dalam menghadapi gelar Pilkada serta menyamakan persepsi tentang upaya Polri dalam  menghadapi berbagai potensi permasalahan yang ada, sehingga keseluruhan penyelenggaraan pilkada bisa berjalan  dengan aman,  lancar dan demokratis.

Pada sambutannya Irjen Pol. Drs. Ketut Untung Yoga Ana, S.H., M.H., selaku ketua Tim membacakan sambutan Kapolri , mantan Wakapolda Bali ini menekankan  bahwa Pilkada pada dasarnya merupakan polarisasi masyarakat yang dilegalkan. Masyarakat akan terpisah-pisah karena adanya perbedaan kepentingan  dalam memilih pemimpin di daerahnya. Pilkada tahun 2018  akan berlangsung  di 171 daerah, meliputi 17 Provinsi, 39 Kota, dan 115 Kabupaten. Pemilihan ini akan melibatkan  seluruh Polda jajaran Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk menggelar Operasi Mantap Praja 2018 kecuali Polda DIY dan Polda Papua .

Polri telah menetapkan strategi utama dalam menghadapi berbagai potensi  kerawanan pada Pilkada serentak 2018. Strategi tersebut dilaksanakan dengan beberapa upaya  yang lebih mengedepankan pola proaktif preventif  daripada  represif responsive , artinya , kegiatan pengamanan ini tidak berlangsung secara business as usual, sebagaimana kegiatan pengamanan yang biasa Polri laksanakan  melainkan dipenuhi dengan upaya  menciptakan kondisi agar  Pilkada berjalan secara dingin dan damai.

Selesai memberi arahan dan petunjuk kepada hadirin ,Tim melanjutkan  peninjauan kesiapan Posko Operasi Mantap Praja Agung 2018 Polda Bali di Lantai 1 Biro Operasi Polda Bali untuk melihat secara  langsung implementasi Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia  Nomor 3  Tahun  2009 tentang Sistem Operasi  Kepolisian Negara Republik Indonesia, dan Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2011 tentang Manajemen Operasi Kepolisian.

Melanjutkan kunjungannya  dalam  rangka  supervisi dan Asistensi di wilayah hukum Polda Bali ,  Tim selesai melaksanakan  kunjungan ke Posko Ops Mantap Praja Agung 2018 Polda Bali melaksanakan  tatap muka dengan Pangdam IX Udayana di Makodam IX Udayana  jalan Udayana Denpasar diterima Pangdam Mayor Jenderal  TNI Benny Susianto didampingi Kasdam Brigjen TNI Stephanus Tri Mulyono.

Sekira 1 jam pelaksanaan tatap muka, pada pukul 13.30 wita Tim melanjutkan  tugas untuk bertatap muka dengan penyelenggara Pilkada KPU Provinsi Bali di jalan Cok Agung Trisna  No. 8 Denpasar, Tim  diterima Ketua KPU Provinsi Bali I Dewa Kade  Wiarsa Raka Sandi, S.T.,S.H. beserta Komisioner KPU Provinsi Bali. Pada Sambutannya  Ketua Tim  menyampaikan , bahwa Tim ini sebagai perpanjangan tangan  tangan Kapolri  untuk berkomitmen menjamin  pelaksnaan Pemilu  dengan lancar , netralitas, pengawasan secara berjenjang, dan Polri bersama TNI akan menyatu di lapangan . sedangkan Ketua KPU menyampaikan kesiapan KPU Provinsi Bali dalam rangka menyambut pelaksanaan  pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur telah sampai pada tahapan verifikasi dokumen  pasangan calon untuk selanjutnya penetapan dan masa kampanye.

Tatap muka  Tim dengan KPU Provinsi Bali  berlangsung dengan suasana akrab dan kekeluargaan,  sekira  pukul 14.30 wita  Tim melanjutkan tatap muka  dengan Bawaslu Provinsi Bali  di Jalan Cok A. Tresna no. 67 Denpasar, Tim disambut  Ketua Bawaslu  I Ketut Rudia , S.E dan Komisioner Bawaslu Provinsi Bali Ir. I Ketut Sunadra , M.Si. beserta staf. Dalam pertemuan tersebut ketuaTim berpesan untuk sama-sama mengingatkan kontestan  karena Pemilu  hanya merupakan media  dalam mengisi pembangunan , sehingga setelah Pemilu  peserta kembali menjadi bagian  dari masyarakat  untuk bersatu kembali , tidak terpecah-pecah.

Penulis  : Arya

Editor    : Swanjaya

Publish  : I Putu Suwardhana.M

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password